Friday, May 8, 2020

Mengenal Penyakit Ventricular Tachycardia

Mengenal Penyakit Ventricular Tachycardia


Pernahkah anda mendengar atau mengetahui sebuah penyakit yang bernama ventricular tachycardia ? Sebagian orang mungkin masih asing dengan nama penyakit yang satu ini. Ventricular tachycardia merupkan salah satu kondisi anomali irama detak jantung dimana jantung berdetak lebih cepat dari kondisi normalnya. Pada kondisi normal, jantung manusia biasanya berdetak sekitar 60 – 100 kali dalam satu menit. Dengan irama detak sebanyak ini, jantung kita memiliki kemampuan yang cukup untuk mensuplai darah menuju paru – paru dan sirkulasi periferal. Sedangkan, apabila seseorang mengalami kondisi ventricular tachycardia, jantung anda berdetak sebanyak lebih dari 100 kali per menit, dengan setidaknya 3 detak jantung yang tidak normal berturut – turut.

Kondisi anomali detak jantung umumnya disebabkan oleh masalah aliran listrik yang ada pada organ jantung. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga terdapat masalah lain pada jantung yang dapat memicu terjadinya kondisi ini. Kondisi ventricular tachycardia dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun serta dapat terjadi pada pria maupun wanita. Kondisi ini juga mempengaruhi pasien dengan penyakit jantung yang berisiko tinggi terkait dengan aritimia ventrikel. Ventricular tachycardia merupakan sebuah kondisi anomali irama detak jantung dimana jantung dapat berdetak lebih dari 100 kali dalam 1 menit. Tetapi, jika jantung anda berdetak dengan cepat selama beberapa detik, hal tersebut merupakan kondisi normal. Tetapi, jika hal ini berlangsung lebih lama, anda bisa menyadari jantung anda berdetak lebih cepat, kencang, atau berhenti selama sepersekian detik.


Berikut ini merupakan tanda dan gejala dari ventricular tachycardia, yaitu :
  • Pusing
  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri dada
  • Pingsan


Anda harus segera menghubungi dokter ataupun meminta pertolongan medis jika anda mengalami gejala kesulitan bernapas dan nyeri dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit. Jika anda tidak merasakan gejala ini tetapi merasakan bahwa jantung anda berdetak lebih cepat dan tidak teratur, segera konsultasikanlah dengan dokter atau perawat anda. Tubuh masing – masing penderita biasanya akan memunculkan gejala yang berbeda – beda, sehingga penanganan yang diberikan sesuai dengan kondisi kesehatan anda. Ventricular tachycardia juga bisa menyebabkan komplikasi atau perpaduan masalah kesehatan. Komplikasi yang terjadi biasanya tergantung dari tingkat keparahannya.


Berikut ini merupakan komplikasi yang mungkin terjadi akibat ventricular tachycardia, yaitu :
  • Jantung tidak mampu memompa darah yang cukup (gagal jantung)
  • Sering pingsan dan tidak sadarkan diri.
  • Henti jantung yang berpotensi menyebabkan kematian.


Pengobatan terhadap ventricular tachycardia

Tujuan dari pengobatan terhaap kondisi ventricular techycardia adalah untuk mengembalikan detak jantung anda pada ritme semula, mengatur denyut jantung, serta mencegah terjadinya kemungkinan kambuh. 


Berikut ini merupakan beberapa jenis pngobatan terhadap kondisi ventricular tachycardia, yaitu :
  • Pengobatan darurat yang dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik menuju jantung dengan alat defibrilasi. Pengobatan ini dilakukan pada kondisi ventricular tachycardia yang dapat menyebabkan kematian mendadak.
  • Pengobatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya percepatan detak jantung yang meliputi ablasi kateter, pacemaker, Obat – obatan, ICD, dan prosedur operasi. Sedangkan upaya pencegahan yang bisa anda lakukan adalah dengan merutinkan olahraga, menjaga pola hidup sehat, berhenti merokok, dan tidak mengkonsumsi alkohol.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search