Tuesday, August 28, 2018

DIY Masker untuk Mengecilkan Pori-Pori

DIY Masker untuk Mengecilkan Pori-Pori

Sering terpapar sinar matahari, debu, dan polusi menyebabkan pori-pori pada kulit wajah tersumbat sehingga membuat jerawat dan komedo bermunculan. Akhirnya membuat kita jadi tidak percaya diri. Besarnya pori-pori bias disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor genetik, kadar kelembaban kulit, menumpuknya sel kulit mati, dan juga cara merawat kulit wajah itu sendiri.
Sekarang ini banyak brand make-up berlomba-lomba meluncurkan produk yang dapat memberikan efek menyamarkan pori-pori wajah. Sudah banyak pula klinik kecantikan yang menawarkan jasa facial treatment untuk membersihkan komedo seperti diamond peel, bahkan alat pembersih komedo pun dijual bebas di toko online.  Tapi tahukah Anda bahwa dengan mencoba tiga hal tersebut justru dapat memperbesar pori-pori di wajah Anda!
Memiliki kulit mulus dan cantik alami menjadi idaman para wanita. Tentunya membutuhkan konsistensi dalam melakukan perawatan tapi bukan berarti selalu mahal, tidak perlu juga antri berjam-jam menunggu giliran, karena sebenarnya untuk bisa mengecilkan pori-pori hanya membutuhkan perawatan sederhana dengan bahan alami yang bisa didapatkan dari dapur kesayangan Anda. Berikut solusinya:

1.     Es Batu
Es batu dipercaya dapat mengecilkan pori-pori karena dapat merangsang sirkulasi darah sehingga menjadikan kulit kita lebih sehat. Oleskan perlahan sebongkah es batu yang diselimuti dengan saputangan atau handuk wajah. Cukup dilakukan selama 10-15 menit.


2.     Jeruk Nipis/Lemon
Tentunya kita semua tahu bahwa jeruk mengandung vitamin C, namun selain itu ternyata juga mengandung anti-oksidan yang membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat selkulit mati. Oleskan perasan air jeruk di seluruh wajah selama 15 menit. Tapi tunggu dulu! Jangan membuang kulitnya karena ternyata kulit jeruk juga bias digunakan untuk mengecilkan pori-pori bahkan mengandung kadar vitamin C yang lebih tinggi. Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering, tumbuk sampai halus, tuangkan dengan sedikit air mineral, larutkan hingga mengental. Masker kulit jeruk pun siap untuk dioleskan di wajah Anda selama 30 menit.
3.       Tomat
Tomat memang menjadi idola untuk mengatasi masalah kulit karena kaya manfaat seperti membuat kulit menjadi lebih putih bercahaya, menghilangkan komedo, menangkal radikal bebas, melindungi dari sinar UV, mencegah kerusakan sel, mengatasi masalah kulit berminyak,  mencegah timbulnya jerawat, dan membuat kulit lebih halus. Oleskan hasil tumbukan tomat selama 30 menit.
4.       Air Cucian Beras
Sering kali kita mencuci beras dan membuang air cucian tersebut secara cuma-cuma. Perlu anda ketahui bahwa air cucian beras memiliki fungsi sebagai pembersih wajah, mengobati dan menghilangkan bekas jerawat, serta sebagai pencerah kulit secara alami. Gunakan endapan air cucian beras sebagai masker wajah hingga terasa meresap di kulit.
5.       Susu Segar dan Madu
Kombinasi dari susu dan madu dapat berfungsi sebagai pencegah tanda-tanda penuaan, mengobati jerawat, mengilangkan bekas luka, mengatasi dehidrasi pada kulit, dan memberikan efek kulit sehat bercaya. Caranya yaitu dengan mencampurkan susu dan madu dengan takaran 2:1, oleskan pada seluruh kulit wajah selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.
6.       Putih Telur
Banyak orang menghindari cara ini karena tidak tahan dengan bau amis dari putih telur. Padahal dibalik bau amis tersimpan beberapa manfaat yang mengejutkan seperti dapat memudarkan flek hitam pada wajah, menjadikan kulit lebih halus, memutihkan dan mengencangkan kulit. Anda juga dapat mencampurkan putih telur dengan perasan air jeruk/lemon untuk mengilangkan bau dan memaksimalkan kasiat masker. Oleskan pada wajah selama 30 menit lalu bilas.
7.       Mentimun
Mentimun mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, biotin, kandungan air dan potassium yang berfungsi untuk memperbaiki warna kulit, menghilangkan bintik hitam,  mengecilkan pori-pori, mengatasi masalah kulit berminyak, dan meremajakan kulit. Iris tipis-tipis mentimun lalu letakan pada seluruh wajah hingga 30 menit.
8.       Alpukat
Alpukat dapat membantu untuk menjaga kulit tetap sehat, mencegah penuaan, melembabkan kulit, dan membersihkan kotoran di kulit. Caranya mudah, cukup tumbuk halus daging alpukat lalu oleskan pada wajah selama 30 menit.
Tentunya sebelum mengoleskan masker diatas pastikan bahwa kulit wajah Anda sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu bilas dengan air bersih secara perlahan jangan sampai pori-pori yang sudah tertutup menjadi terbuka kembali karena terkena tekanan jari-jari Anda. Perawatan ini dapat dilakukan selama seminggu 3 kali karena menggunakan bahan alami. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda juga bisa menambahkan rutinitas mengeksfoliasi kulit setiap seminggu 2 kali dengan produk yang mengandung AHA, BHA atau scrub.

Sekian tips untuk mengecilkan pori-pori pada wajah versi Rusabook. Semoga bermanfat!

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search