Thursday, August 23, 2018

Jaga Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Jaga Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Aktivitas yang padat di Jakarta menuntut kita untuk selalu menjaga stamina tubuh. Namun banyak faktor yang dapat membuat daya tahan tubuh kita menjadi lemah seperti factor cuaca, sering terpapar debu dan polusi, kelelahan, stress, dan masih banyak lainnya. Terlepas dari itu semua sebenarnya adahal kecil yang sering kali kita lupakan, yaitu asupan gizi.
Sudah menjadi hal yang lumrah jika ketika menentukan menu makanan kita hanya memilih berdasarkan enak atau tidaknya saja, padahal alangkah lebih baik apabila kita juga memperhatikan kadar kandungan gizi di dalamnya. Mengapa penting? Karena di dalam mengonsumsi makanan ada beberapa hal yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, mineral, dan serat yang tentunya harus saling mengimbangi sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga.

Pada umumnya banyak orang rela mengeluarkan kocek lebih untuk membeli vitamin, namun sebenarnya hal itu tidak perlu dilakukan apabila Anda mengatur pola makan dengan baik. Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara alami:
1.       Daging
Daging merupakan salah satu sumber energi yang dapat membantu untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, membantu proses pembentukan jaringan dan metabolisme, serta menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin A, B, dan D.

2.       Sayuran Hijau dan BawangPutih
Menumis sayuran hijau dengan bawah putih seperti sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia, selain membuat masakan menjadi lebih harum bawang putih juga memberikan rasa nikmat pada masakan. Tahukah Anda? Di dalam bawang putih mengandung senyawa sulfur yang tinggi, sehingga dapat menghancurkan bakteri dan infeksi secara alami serta dapat menurunkan tekanan darah. Sayuran hijau juga membantu untuk meningkatkan napsu makan, mengandung vitamin A & C, melancarkan pencernaan, mengatasi kolestrol, dan menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat dikatakan perpaduan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3.       Jahe
Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Air rebusan jahe bermanfaat untuk mengurangi nyeri otot, menyembuhkan alergi, mengontrol gula darah, melancarkan system pencernaan, dan membantu mengatasi mual dan muntah. Jahe juga mengandung vitamin C yang dapat menghaluskan kulit dan mencegah penuaan, serta timbulnya jerawat.

4.       Buah
Mengonsumsi buah merupakan cara klasik untuk meningkatkan maupun mempertahankan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah makan kebutuhan akan mineral akan tercukupi sehingga dapat menghindari berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Agar lebih mudah dan nikmat Anda dapat membuat jus buah yang dicampurkan dengan sayur seperti jus apel yang dicampur dengan wortel/tomat, jus pear dan melon yang dicampur dengan brokoli, jus lemon yang dicampur dengan daun mint, dan sebagainya.

Sekian tips untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami, semoga bermanfaat!

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search