Tuesday, September 11, 2018

INSOMNIA - Tips Mengatasi Susah Tidur

INSOMNIA - Tips Mengatasi Susah Tidur


Pernahkah Anda membaca blog mengenai early to rise? Penulis blog ini adalah Craig Ballantyne yang merupakan fitness trainer. Pada blog tersebut beliau membahas mengenai berbagai makanan sehat dan cara tidur nyenyak yang akhirnya mencetuskan formula yang sering disebut sebagai “10-3-2-1-0 formula”. Formula ini akan membantu Anda untuk bisa tidur dengan nyenyak sehingga bisa merasa segar ketika bangun di pagi hari. Berikut penjelasan dari ide formula 10-3-2-1-0:
  • 10 Jam Sebelum Tidur

Ini adalah waktu yang diperlukan tubuh untuk memproses makanan/minuman yang Anda konsumsi menjadi energi, sehingga tidak heran apabila Anda tidak bisa merasa rileks di siang hari. Maka dari itu pada jam ini sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi, teh, minuman bersoda, minuman penambah energi, coklat dan rokok yang mengandung nikotin karena akan membutuhkan waktu berjam-jam untuk di proses di dalam tubuh dan akan mengganggu Anda untuk tidur nyenyak di malam hari.
  • 3 Jam Sebelum Tidur

Hindari mengonsumsi apapun atau minum alkohol 3 jam sebelum tidur. Mengonsumsi alcohol setelah lelah bekerja membuat energi pada tubuh Anda mencapai titik maksimum, meskipun alcohol bisa membuat kita mengantuk namun ternyata hal ini tidak bisa membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Sebaliknya justru membuat Anda tidak bisa berpikir jernih di pagi hari.
  • 2 Jam Sebelum Tidur

Pada tahap ini Anda harus berhenti berkerja ataupun memikirkan perkerjaan yang kiranya masih tertunda. Jika memang masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, Anda bisa membuat list yang dapat membantu Anda di hari esok. Setelah itu mulailah melakukan meditasi, mendengarkan musik, membaca buku, atau refleksi/pijat tubuh sehingga Anda akan merasa lebih rileksbaik fisik maupun pikiran.
  • 1 Jam Sebelum Tidur

Hindari pandangan mata ke layar televisi, laptop, ataupun HP. Istirahatkan mata dan pikiran Anda sejenak. Pastikan Anda berada di ruangan yang cukup sejuk dengan kondisi tidak ada lampu yang menyala dan suasana yang tenang. Penerangan lampu sekecil apapun bisa menyebabkan tidur menjadi kurang nyaman. Anda bisa menggunakan penutup telinga ataupun menutup jendela dengan horden yang tebal agar tidak terganggu dengan cahaya dari luar ruangan. Pengharum ruangan dengan wangi jasmine, green tea, dan lainnya juga bisa membantu Anda untuk bisa lebih rileks.
  • 0 Menit Menuju Alarm Berbunyi

Sering kali kita menyetel alarm dua sampai tiga kali misalnya alarm pertama jam 7 dan alarm kedua 10 menit setelahnya. Tapi justru ternyata hal ini bisa menimbulkan rasa malas/lelah setiap bangun pagi. Biasakan bangun pagi dan beranjak dari tempat tidur tepat pada waktu alam berbunyi. Apabila kebiasaan ini rutin Anda lakukan dalam beberapa minggu, dapat dipastikan Anda tidak akan membutuhkan alarm lagi untuk seterusnya.
Selain formula di atas ternyata ada faktor lain yang bisa menjadi penyebab tidur menjadi tidak nyenyak, yaitu posisi tidur. Jadi posisi tidur seperti apa yang baik untuk kita? Terlentang. Posisi tidur terlentang dapat membantu kita terlihat menjadi lebih muda untuk jangka waktu yang lama, Karena ketika tidur wajah tidak mendapatkan tekanan yang bisa menyebabkan timbulnya keriput atau garis halus. Posisi ini juga membantu tubuh kita untuk bernapas secara maksimal.


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search