Sunday, October 21, 2018

Cara dan Pengobatan untuk Mengatasi Sleep Apnea

Cara dan Pengobatan untuk Mengatasi Sleep Apnea


Gangguan saat tidur ternyata bisa membahayakan kesehatan. Salah satu gangguan yang dapat berakibat fatal adalah Sleep Apnea.
Sleep Apnea adalah gangguan saat tidur yang menyumbat saluran pernapasan. Umumnya orang yang mengalami ini tidak menyadarinya. Sebab Sleep Apnea muncul tanpa gejala. 
Beberapa dokter hanya menyarankan untuk kasus Sleep Apnea ringan agar merubah gaya hidup, seperti berhenti merokok, rajin berolahraga, dan menurunkan berat badan. Namun apabila cara-cara itu tidak berhasil mengobati Sleep Apnea, Anda bisa melakukan sejumlah perawatan. Untuk beberapa kasus, pembedahan mungkin diperlukan. 
Berikut adalah beberapa cara dan pengobatan untuk mengatasi Sleep Apnea. 
Terapi CPAP
Perawatan yang paling umum untuk mengatasi Sleep Apnea adalah terapi menggunakan mesin continuous positive airway pressure (CPAP). Dengan CPAP, Anda akan mendapatkan tekanan udara yang agak lebih besar dibanding dengan udara sekitar Anda. Hal ini bisa menjaga saluran napas bagian atas untuk tetap terbuka, sehingga mencegah Sleep Apnea dan dengkuran.
Operasi
Pembedahan adalah pilihan lain untuk mengobati Sleep Apnea apabila cara lain gagal. Umumnya, pembedahan dilakukan jika dalam 3 bulan cara lain untuk mengatasi Sleep Apnea tidak berhasil. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki masalah struktur rahang tertentu, ini adalah pilihan pertama yang baik.
Tujuan pembedahan untuk Sleep Apnea adalah memperbesar jalan napas melalui hidung atau tenggorokan sehingga tidak menyebabkan dengkuran atau membuka saluran udara bagian atas. Pilihan bedah bisa meliputi pembuangan jaringan di bagian belakang mulut dan bagian atas tenggorokan, reposisi rahang untuk memperbesar ruang di belakang lidah dan langit-langit lunak, menciptakan jalur udara baru, dan menjaga awalan yang tertutup agar udara tidak tersumbat di tenggorokan.
Jenis pembedahan lain untuk mengurangi dengkuran dan berkontribusi pada pengobatan Sleep Apnea adalah menghilangkan polip pada hidung, meluruskan partisi bengkok antara lubang hidung, mengangkat amandel, dan operasi penurunan berat badan.
Ramuan Herbal
Selain menggunakan teknologi dan operasi, penyakit  Sleep Apnea dapat diatasi dengan ramuan herbal, antara lain :
1. Lada hitam dan madu
Ramuan dua bahan herbal ini dipercaya ampuh membuat Anda terhindar dari Sleep Apnea Kandungan antiinflamasi dan sifat dekongestan pada lada hitam dapat mengendurkan saluran pernapasan.
Tambahan madu pada ramuan ini dapat mengobati Anda yang kerap mendengkur ketika tidur. Anda dapat mengonsumsi rebusan lada hitam dengan madu 30 hingga 40 menit sebelum tidur, agar terhindar dari Sleep Apnea.

2. Minyak lavender esensial
Minyak dari bunga beraroma sedap ini dipercaya ampuh atasi Sleep Apnea. Kandungan senyawa volatil pada minyak lavender esensial dapat mengurangi penyumbatan pada saluran pernapasan saat tidur.
Berbeda dengan ramuan sebelumnya, minyak lavender esensial hanya digunakan sebagai obat luar. Anda dapat menghirup aroma dari rebusan minyak lavender esensial setiap malam sebelum tidur, agar terhindar dari Sleep Apnea.

3. Jahe dan kayu manis
Ramuan kedua bumbu dapur ini merupakan salah satu pengobatan alternatif bagi penderita Sleep Apnea. Sifat antibiotik dan antiinflamasi pada jahe dan kayu manis dapat mengoptimalkan aliran udara ke paru-paru. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari Sleep Apnea.
Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mengonsumsi teh jahe yang ditambahkan dengan kayu manis 30 menit sebelum tidur.

4. Adas, valerian dan mint
Ramuan alami ini memiliki sifat penenang dan antiinflamasi. Campuran ketiga bahan herbal ini bekerja dengan mengendurkan otot-otot tenggorokan agar Anda tidak mendengkur akibat Sleep Apnea.
Anda dapat menggunakan campuran ketiga minyak herbal tersebut dengan berkumur selama dua atau tiga menit sebelum tidur.

5. Bawang Putih
Salah satu bumbu dapur ini bersifat antibiotik dan antiinflamasi, yang dapat membantu mengobati peradangan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya Sleep Apnea.
Selain itu, kedua sifat pada bawang putih tersebut dapat berguna untuk mengobati infeksi pernapasan akibat kelebihan racun. Anda dapat meminum air rebusan bawang putih yang ditambahkan dengan sesendok makan madu 15 menit sebelum tidur.

Demikianlah informasi mengenai "Cara dan Pengobatan untuk Mengatasi Sleep Apnea". Semoga dapat bermanfaat untuk kesehatan anda.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search