Sunday, October 21, 2018

Cara Menghilangkan Pilek Yang Membandel

Cara Menghilangkan Pilek Yang Membandel



Pilek adalah kondisi yang sangat tidak nyaman, apalagi jika gejala pilek bertahan hingga berhari-hari lamanya, Anda pasti tidak sabar untuk segera mencari cara menghilangkan pilek yang membandel tersebut. 

Sebenarnya, kunci mengatasi pilek terletak pada tubuh Anda. Ya, tubuh memiliki mekanisme self-healing atau memulihkan diri sendiri dari beberapa kondisi medis ringan, dimana pilek adalah salah satu di antaranya. 


Yang harus Anda lakukan adalah melakukan beberapa cara untuk meringankan gejala pilek tersebut dan memfasilitasi tubuh agar proses penyembuhan yang dilakukannya berjalan dengan optimal.

Cara menghilangkan pilek secara alami yang perlu anda coba 

Jika Anda terkena pilek, biasanya tanda dan gejala pilek akan bertahan selama satu hingga dua minggu. Pilek itu sendiri adalah infeksi ringan pada saluran pernafasan bagian atas akibat serangan virus. Seseorang yang terkena pilek akan mengalami gejala berupa hidung yang terus-menerus mengeluarkan ingus, hidung tersumbat yang membuat pernafasan tidak lancar, sering bersin, sering batuk, serak, pusing, demam, dan badan terasa tidak enak.
Pilek yang Anda alami harus segera ditangani agar tidak berkembang menjadi bentuk infeksi lainnya, seperti infeksi telinga tengah, bronkitis atau pneumonia. 

Berikut adalah apa yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala pilek yang Anda rasakan sekaligus membantu proses pemulihan tubuh Anda.
  • Banyak Minum
Seseorang membutuhkan asupan cairan minimal 8-10 gelas dalam sehari, tergantung aktivitas yang dilakukan. Ketika Anda terserang pilek, usahakan untuk minum lebih banyak. Asupan cairan yang cukup akan membantu mengencerkan lendir yang menyumbat rongga hidung Anda, melembabkan tenggorokan sehingga mengurangi serak dan rasa nyeri pada tenggorokan yang mungkin timbul, serta menjaga agar Anda tidak dehidrasi.
Memperbanyak asupan cairan tidak berarti semua cairan yang masuk harus berupa air putih. Minuman elektrolit, teh herbal, sari buah, jus, sop ayam, atau sari jahe dapat Anda minum.
  • Gunakan Uap Panas
Ini adalah cara menghilangkan pilek yang mujarab. Uap panas akan membantu mengencerkan ingus yang membuat hidung Anda tersumbat. Sediakan sebaskom air panas, condongkan kepala Anda hingga berada tepat di atasnya, lalu bernafaslah perlahan untuk menghirup uap dari air panas tersebut. Namun Anda harus ekstra hati-hati agar wajah maupun tangan Anda tidak terkena air panas ketika melakukan cara ini.
Anda pun bisa berendam di air hangat sambil perlahan-lahan menghirup uapnya. Jika Anda memilih cara ini, terlebih dahulu tuangkan air hangat dalam bath tub Anda, lalu tutup kamar mandi. Diamkan sebentar sampai uap dari air hangat memenuhi kamar mandi. Setelah itu, Anda bisa masuk dan mulai berendam. Jangan lupa untuk menutup pintu kamar mandi agar uap air tetap terperangkap di dalam.
  • Mengeluarkan Ingus
Ketika sedang pilek, hindari menyedot ingus kembali ke rongga hidung. Akan tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar. Mengeluarkan ingus terlalu keras dapat mendorong ingus yang mengandung kuman ke saluran telinga Anda sehingga Anda beresiko terkena infeksi telinga sesudahnya. Cara yang tepat adalah, tutup salah satu lubang hidung, kemudian keluarkan ingus dengan lembut dari lubang hidung satunya. Lakukan cara yang sama untuk kedua lubang hidung Anda.
  • Banyak Beristirahat
Percaya atau tidak, cara menghilangkan pilek yang manjur adalah dengan menjaga diri tetap hangat, banyak beristirahat, dan biarkan tubuh melakukan tugasnya. Istirahat sangat penting ketika Anda terserang pilek atau flu, karena akan membantu tubuh me-recharge energi yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Jadi, berbaring di tempat tidur adalah pilihan yang tepat ketika Anda sakit pilek.
  • Berkumur Dengan Air Garam
Bisa jadi, Anda mengalami pilek yang dibarengi dengan serak dan sakit tenggorokan. Tenggorokan yang sakit atau gatal akan mengganggu aktivitas dan istirahat Anda. Cara ini dapat membantu meredakan sakit dan gatal pada tenggorokan Anda. Larutkan setengah sendok teh garam dalam 250 ml air hangat, lalu gunakan untuk berkumur 4 kali sehari.
  • Minum Minuman Hangat
Cara menghilangkan pilek yang satu ini akan membantu dalam meredakan hidung tersumbat Anda sekaligus mengurangi peradangan di rongga hidung dan tenggorokan. Jika hidung Anda tersumbat parah sampai Anda tidak dapat tidur di malam hari, ini tentunya bukan hal yang baik. Tubuh perlu istirahat agar proses penyembuhan dapat berjalan cepat. Untuk mengatasinya, cobalah menyeduh secangkir teh herbal. Tambahkan satu sendok teh madu asli ke dalamnya, lalu minum perlahan.
  • Oleskan Sedikit Balsem Dibawah Rongga Hidung
Sedikit olesan balsem atau minyak kayu putih di bawah hidung Anda dapat membantu meringankan nafas. Selain itu, dalam balsem atau minyak kayu putih terdapat kandungan analgesik ringan yang dapat meredakan perih di hidung Anda. Anda bisa juga mengoleskan balsem atau minyak kayu putih di dada dan punggung untuk mendapatkan sensasi hangat yang dapat membantu tidur Anda agar lebih pulas.
  • Kompres Hangat
Ambil sehelai handuk atau kain bersih yang lembab dan panaskan selama 30-45 detik di microwave. Atau, Anda bisa memasukkan sehelai kain bersih tersebut ke dalam air hangat, lalu kompreskan di sinus (daerah di tulang pipi dan dahi). Fungsinya adalah untuk menurunkan demam dan melegakan pernafasan.
  • Tidur Dengan Posisi Kepala Agak Tinggi
Cara ini lebih bertujuan untuk membuka jalan nafas Anda. Apabila Anda bisa bernafas dengan baik, Anda pun dapat tidur dengan lebih nyaman di malam hari tanpa terganggu oleh hidung tersumbat sehingga proses pemulihan pun dapat berjalan lebih cepat.
  • Bawang Putih
Kandungan antibakteri dan antivirus alami pada bawang putih dapat menjadi sangat bermanfaat sebagai cara menghilangkan pilek. Bawang putih, selain bagus bagi daya tahan tubuh Anda, juga dapat membantu meringankan pernafasan dan membilas racun dari dalam tubuh. Cara mengkonsumsi bawang putih untuk melawan pilek cukup mudah. Pertama, Anda dapat memakanya mentah-mentah.
Kedua, Anda bisa mencampur bawang putih dengan bahan-bahan lain: 1 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 2 sendok teh air perasan lemon, 1 sendok teh madu, dan setengah sendok teh bubuk cabe. Konsumsi campuran tersebut hingga gejala pilek mereda. Jika Anda tidak tahan dengan bubuk cabenya, Anda dapat mencoba cara lain. Potong-potong 5 siung bawang putih, lalu rebus dengan segelas air dan tambahkan 1 sendok teh madu. Minum sebanyak 2-3 kali sehari.
  • Jahe
Anda dapat memanfaatkan jahe sebagai cara menghilangkan pilek yang alami. Sekali lagi, ini bukan berfungsi sebagai ‘obat’, namun lebih bertujuan untuk meredakan gejala sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman. Meskipun demikian, jahe yang dapat dengan mudah tumbuh di mana saja ini memang mengandung zat antivirus dan antiperadangan alami, disertai dengan ekspektoran (pengencer dahak). Untuk meredakan pilek, minumlah teh jahe 2 kali dalam sehari. Untuk meningkatkan khasiatnya, Anda dapat menambahkan madu asli dan air perasan lemon ke dalam teh jahe tersebut.
  • Vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan alami yang dapat memperbaiki dinding sel yang rusak. Sehingga, asupan vitamin C yang cukup tidak hanya dapat menghalau pilek, namun juga dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda. Segala jenis jeruk, buah delima, sayuran berdaun hijau adalah makanan yang kaya akan vitamin c.
Demikianlah ulasan mengenai "cara menghilangkan pilek yang membandel". Untuk mencegah pilek datang kembali, sebaiknya hindari kontak dengan orang yang menderita pilek dan cucilah tangan tiap kali anda memgang benda yang dipegang oleh banyak orang. dan jika anda penderita pilek, sebaiknya pakailah masker atau tutuplah mulut dan hidung ketika bersin supaya tidak menular dengan orang lain.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search