Sunday, October 21, 2018

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

     
 

Akhir - akhir ini, Sebagian besar wilayah indonesia mengalami musim Pancaroba. Jika pada siang hari cuaca sangat terik sehingga suhu udara sangat panas, namun dapat berubah seketika menjadi hujan dan suhu udara menjadi sangat dingin. Perubahan cuaca secara tiba - tiba inilah yang disebut Musim Pancaroba.

Perubahan udara dan temperatur, sedikit banyak berpengaruh pada tubuh. Karena tubuh kita secara otomatis akan berusaha keras untuk menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas kita berkurang, sehingga kita menjadi mudah sakit saat musim pancaroba.

Penyakit yang sering muncul pada saat pancaroba yaitu flu, diare dan demam berdarah. Hal itu disebabkan karena virus dan kuman ketiga penyakit itu sangat bersahabat dengan musim pancaroba saat ini. Terutama virus influenza (virus RNA dari famili Orthomyxoviridae) yang ditularkan melalui doplet. 

Doplet yaitu bakteri yang dikeluarkan oleh penderita, misalkan penderita saat batuk tidak menutup mulutnya dengan saputangan sehingga ada butiran-butiran cairan dari batuknya (doplet) yang bertebaran ke udara. Lalu doplet itu terhirup oleh orang yang sehat bisa juga dari dahak yang dikeluarkan.

Berikut adalah bebrapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba seperti sekarang ini.

1. Makan teratur dan Makan Makanan yang bergizi.

Makanan adalah sumber energi bagi tubuh. Sedangkan Makanan bergizi merupakan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh kita. Makanan bergizi tidak perlu dan tidak harus mahal, tetapi harus sehat dan bergizi serta mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh kita, Contohnya : buah-buahan, sayur mayur, daging, ikan, dll.

Terdapat banyak manfaat jika kita rutin mengkonsumsi makanan bergizi, diantaranya menjaga berat badan, menambah daya ingat, menjaga mood, menghilangkan stres, serta mencegah penyakit berbahaya.


2. Rutin mengkonsumsi air putih

Air putih sangat berguna bagi kesehatan tubuh. air putih berfungsi untuk membuang berbagai racun yang ada di dalam tubuh melalui keringat dan urine. 

3. Rajin berolahraga

Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan. Tidak harus berolahraga berat, cukup jogging santai, bersepeda, jalan- jalan santai di pagi dan sore hari, atau minimal naik dan turun tangga, sehingga tubuh mengeluar keringat dan membuang racun dalam tubuh.

4. Menjaga Kebersihan

Kebersihan tubuh dan kebersihan rumah harus selalu dijaga. seperti mandi minimal 2 kali sehari, rumah selalu disapu dan di pel, piring dan gelas selalu di cuci dengan bersih, untuk menghambat penyebaran penyakit saat musim pancaroba.

Demikianlah ulasan mengenai "Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba". Semoga dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan di musim pancaroba ini.


Jaga selalu kesehatan yaa guys. unduh aplikasi Rusabook untuk mempermudah anda booking klinik.Tidak perlu antri. karena kini, kesehatan ada di genggaman anda.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search