Sunday, October 28, 2018

Hemoroid, Identifikasi, dan Penanganannya

Hemoroid, Identifikasi, dan Penanganannya

Image result for hemorrhoid hd
Hemoroid atau wasir adalah inflamasi dan pembengkakan vena pada rectum bagian bawah dan anus, serupa dengan kondisi pada varises. Hemoroid sangat sering dijumpai, adakalanya bersifat asimtomatis (tanpa gejala), tetapi terkadang menimbulkan gejala gatal, nyeri/rasa tidak nyaman, dan pendarahan pada anus. Pada beberapa kasus, kondisi ini dapat disertai keluarnya secret kental dari anus. Hemoroid biasanya tidak berbahaya atau mengancam jiwa.

Faktor - faktor yang dapat memicu timbulnya hemoroid yaitu kontipasi atau diare kronik, sering mengejan selama defekasi, melalukan aktivitas berat, kehamilan dan persalinan, obesitas, diet rendah serat, hubungan seksual melalui anus, dan melemahnya otot - otot sekitar perineum akibat proses penuaan atau genetic.


Identifikasi Hemoroid

Pasien datang dengan keluhan rasa gatal dan nyeri pada anus.

1. Apakah pasien sedang hamil ?
Ibu hamil seringkali mengalami hemoroid yang disebabkan adanya peningkatan tekanan terhadap dinding abdomen oleh janin. Kondisi ini seringkali disertai konstipasi.

2. Apakah pasien mengalami nyeri hebat pada anus selama defekasi (BAB) ? lalu, Apakah nyeri ini mereda pada saat tidak buang air besar ?
Pasien mungkin mengalami Fisura Ani. Suatu kondisi yang seringkali keliru dianggap sebagai hemoroid. Fisura ani merupakan robekan pada anus yang disebabkan karena anus dilalui oleh feses yang keras.

3. Apakah rasa nyeri tergolong berat dan berkepanjangan, walaupun sesudah defekasi ?
Pasien mungkin mengalami Hemoroid terstrangulasi. Yaitu hemoroid interna yang mengalami prolaps dan terjepit diantara otot - otot anus sehingga aliran darah didalamnya tidak lancer dan dapat mengakibatkan komplikasi. Bawa segera pasien ke rumah sakit terdekat.

4. Apakah terjadi pendarahan minor per rectal (tampak darah segar yang tidak bercampur feses) pada saat defekasi yang sulit ?
Pasien mungkin mengalami Hemoroid Eksterna yang terdapat dibawah garis dentate di dekat anus, dimana pada bagian ini ada lebih banyak syaraf nyeri sehingga pendarahan yang terjadi cenderung disertai rasa nyeri hebat atau tampak benjolan keras di anus. Berikan penanganan yang sesuai untuk pasien.


5. Apakah pasien mengalami pendarahan hebat selama lebih dari 2 hari ?
Pasien mungkin mengalami anemia akibat kehilangan banyak darah. Berikan penanganan yang sesuai untuk pasien.

6. Jika diagnosis penyakit tidak dapat ditemukan melalui skema diatas, Pasien mungkin mengalami Hemoroid Internal yang terletak ditas garis dentate, yang lokasinya cukup jauh dari rectum. Biasanya hemoroid jenis ini tidak terlihat atau tidak teraba serta jarang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Gejalanya mungkin hanya berupa pendarahan.  Hemoroid internal diklasifikasikan menjadi :
  • Hemoroid derajat 1 : Pendarahan tanpa disertai prolaps bantalan anus.
  • Hemoroid derajat 2 : Prolaps bantalan anus pada saat mengejan, tetapi akan kembali secara spontan.
  • Hemoroid derajat 3 : Prolaps bantalan anus pada saat mengejan dan harus dikembalikan secara manual.
  • Hemoroid derajat 4 : Prolaps bantalan anus secara permanen yang tidak dapat dikembalikan secara manual.



Anjuran untuk Pasien

  • Cara terbaik untuk mencegah hemoroid yaitu menjaga agar feses dalam konsistensi lunak dan defekasi secara teratur.
  • Minum cukup air setiap hari. Hindari minuman beralkohol karena dapat menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan feses cenderung kering dan sulit di keluarkan.
  • Makan makanan yang kaya akan serat, seperti buah, sayuran, kacang - kacangan dan biji - bijian untuk membuat feses lebih lunak dan mudah dikeluarkan.
  • Membiasakan diri buang air secara teratur. Jangan mengejan ataupun duduk/jongkok terlalu lama. Jangan menunda atau menahan keinginan buang air besar.
  • Berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah konstipasi.
  • Berendam dalam air hangat selama 10-20 menit, 3-4 kali sehari selain meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman akibat defekasi juga dapat memperbaiki aliran darah dan menimbulkan relaksasi otot - otot disekitar anus.
  • Berikan kompres dingin dengan es atau gel kompres khusus pada hemoroid jika timbul nyeri atau pembengkakan pada hemoroid.
  • Jaga agar bagian anus tetap bersih dan kering.
  • Anjurkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala nyeri dan pembengkakan bertambah kendati sudah diobati.
  • Pendarahan selama defekasi merupakan gejala tersering dari hemoroid. Tetapi jika hal ini terjadi pada usia diatas 40 tahun, pikirkan kemungkinan adanya penyakit lainnya seperti kanker kolorektal, terutama bila pendarahan per rectal disertai dengan perubahan pola defekasi atau ada perubahan warna atau konsistensi feses.


Tips

  • Pada kasus dimana hemoroid tidak kunjung membaik atau mengalami kekambuhan, anjurkan pasien untuk kontrol kembali

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search