Tuesday, November 13, 2018

Cara Mencegah dan Menangani Varises

Cara Mencegah dan Menangani Varises



Varises adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh dilatasi dari vena superficial. Biasanya lebih sering terjadi pada wanita, terutama yang berusia lanjut. Varises umumnya bukan merupakan kondisi serius dan hanya menimbulkan gangguan secara kosmetis. Tetapi adakalanya varises merupakan pertanda adanya gangguan system sirkulasi.

Kondisi ini dapat mengalami komplikasi serius seperti pendarahan, lipodermatosklerosis, eksim, tromboflebitis, dan tukak pada tungkai. Faktor-faktor yang turut berperan dalam timbulnya varises antara lain obesitas dan genetic.


Identifikasi Varises

Anda mengalami nyeri dan berat pada tungkai, terutama sehabis berdiri atau duduk dalam waktu lama.

1. Apakah anda mengalami nyeri setempat dan pembengkakan tungkai ? Apakah bagian yang sakit ini terasa lunak dan hangat ? dan apakah teraba adanya pembuluh darah yang keras dibawah kulit ?
Anda mungkin mengalami tromboflebitis superfisial, inflamasi vena yang berhubungan dengan terbentuknya trombus didalam pembuluh darah. Segera periksa ke dokter spesialis bedah atau dokter spesialis pembuluh darah. Jika anda tidak merasakan adanya vena yang keras dibawah kulit, anda mungkin mengalami varises, dengan adanya dilatasi dan terpuntirnya vena superficial yang umumnya terlihat pada betis.

2. Apakah pada kulit wajah terlihat sejumlah vena-vena kecil ?
Anda mungkin mengalami spider veins, suatu kondisi yang menyerupai varises tetapi berukuran jauh lebih kecil dan jumlahnya lebih banyak. Pembuluh darah halus ini seringkali Nampak merah atau kebiruan membantuk rangkaian seperti sarang laba-laba atau ranting-ranting pohon. Spider veins biasanya terjadi pada tungkai dan adakalanya juga pada wajah. Kondisi ini tidak menimbulkan masalah serius dan tidak perlu diwaspadai tetapi periksakan diri ke dokter untuk tindakan selanjutnya.

3. Apakah kulit diatas pergelangan kaki terasa gatal ? Apakah kulit tersebut Nampak merah, terinflamasi, dan bersisik ?
Anda mungkin mengalami eksim varikosa, suatu kondisi yang pada awalnya disebabkan oleh eksim ringan pada kulit tungkai bawah dan akhirnya mengalami inflamasi, kemerahan, dan bersisik. Periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

4. Apakah kulit yang terkena lebih tipis dari tungkai atas ?
Anda mungkin mengalami lipodermatosklerosis, suatu kondisi yang ditandai dengan kulit yang mengkilap, keras, disertai dengan pengerasan dan pengecilan lapisan lemak sehingga menyebabkan bagian yang terkena tampak mencekung. Periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

5. Apakah anda memiliki luka didekat pergelangan kaki yang lambat sembuh ?
Anda mungkin mengalami ulserasi kulit, yang termasuk komplikasi tersering dari varises, ditandai dengan adanya luka dengan dasar berwarna merah muda atau kadangkala mengandung nanah berwarna berwarna kekuningan. Tukak yang terasa sangat nyeri dapat terjadi pada kulit didekat daerah varises, terutama sekitar pergelangan kaki. Periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.


Tips Mencegah dan Menangani Varises
  • Istirahatkan kaki secara periodic dengan meninggikan posisinya hingga melebihi posisi jantung untuk memperbaiki sirkulasi vena.
  • Gerak-gerakan tungkai atau jari-jari kaki secara sering jika sedang duduk atau berdiri dalam waktu lama. Sedapat mungkin, jangan duduk atau berdiri terlalu lama, cobalah untuk bejalan-jalan sejenak setiap 30 menit.
  • Kenakan stoking khusus untuk mencegah agar varises tidak bertambah parah. Tetapi jangan kenakan celana atau celana dalam ketat.
  • Hindari penggunaan sepatu bertumit tinggi.
  • Lakukan olahraga secara teratur, banyak jalan kaki, dan kenakan selalu sepatu olahraga yang sesuai.
  • Kurangi berat badan jika mengalami kegemukan.
  • Jangan mengangkat barang/beban berat.
  • Jangan duduk dalam posisi kaki menyilang karena hal ini dapat memperburuk gangguan sirkulasi darah yang terjadi.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. Jangan lupa follow Facebook, Twitter, Instagram, dan Linkedin Rusabook. Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Terima Kasih.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search