Monday, November 5, 2018

Deteksi Dini Nyeri Punggung dan Penanganan Yang Tepat

Deteksi Dini Nyeri Punggung dan Penanganan Yang Tepat



Pernahkah anda mengalami sakit atau nyeri pada punggung ? Tahukah anda, mengapa sakit atau nyeri pada punggung bisa terjadi, dan bagaimanakah penanganan yang tepat ? Berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab rasa nyeri pada punggung, macam - macam jenisnya, dan penanganan yang tepat.

Nyeri punggung didefinisikan sebagai nyeri berulang atau konstan di daerah punggung yang mempengaruhi hampir setiap orang dewasa. Sebagian besar nyeri punggung disebabkan oleh kerusakan pada otot karena posisi mengangkat barang yang tidak baik dan otot yang lemah atau tegang di punggung bagian bawah.

Ada 2 jenis nyeri punggung, yaitu nyeri punggung akut dan nyeri punggung kronis. Nyeri punggung akut adalah jenis nyeri punggung yang parah dan terjadi kurang dari 6 minggu, dan biasanya membaik setelah beberapa hari menjalani pengobatan. Sedangkan, nyeri punggung kronis adalah nyeri punggung yang berlangsung lebih dari 6 minggu dan berkisar dari nyeri pungung ringan hingga berat.

Meskipun sakit punggung kadang terjadi tanpa alasan yang jelas, penting untuk dicatat bahwa beberapa nyeri punggung mungkin merupakan perwujudan dari kondisi medis yang mendasarinya, termasuk kanker yang melibatkan tulang belakang atau sendi tulang belakang yang mungkin memerlukan bantuan professional.


Identifikasi Nyeri Punggung

Nyeri punggung ada banyak macamnya, dan cara penanganannya pun berbeda - beda, tergantung gejala - gejala yang dirasakan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengenali jenis - jenis nyeri punggung berdasarkan gejala yang dialami dan penanganan yang tepat terhadap gejala tersebut.

Anda merasakan rasa nyeri pada punggung.

1. Apakah anda mengalami Cedera pada punggung, jatuh, atau bergerak secara eksesif (diluar kebiasaan normal) ? dan apakah hal tersebut diikuti dengan :
  • Kehilangan kontrol pada saluran kemih dan saluran pencernaan.
  • Kesulitan menggerakan tungkai/lengan.
  • Kebas/kesemutan pada tungkai/lengan.
Jika anda merasakan gejala - gejala tersebut, anda mungkin mengalami kerusakan pada tulang belakang. Jaga agar tubuh anda tetap hangat. Dan segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat. Tetapi, jika anda tidak merasakan gejala - gejala tersebut, anda mungkin mengalami memar atau ketegangan otot pada punggung.

2. Apakah anda mengalami rasa sakit setelah mengangkat benda berat atau setelah berolahraga berat ? lalu apakah rasa sakit itu sampai membatasi ruang gerak dan merambat hingga ke tungkai ?

Anda mungkin mengalami Prolapsed/Slipped Disc (HNP), Sebuah kondisi yang disebabkan oleh tonjolan abnormal cakram vertebra dari posisi normal di kolom vertebralis. Segera konsultasi kedokter jika nyeri menetap. Jika rasa sakit tidak sampai membatasi ruang gerak dan tidak merambat hingga ke tungkai, anda mungkin mengalami nyeri punggung karena ketegangan otot.

3. Jika anda berusia diatas 45 tahun. apakah anda mengalami kekakuan dan sakit punggung kronis ? dan apakah rasa nyeri terletak diantara tulang belikat ?
Anda mungkin mengalami Cervical Spondylosis. Arthritis yang terjadi pada tulang leher. Segera periksakan diri anda ke dokter.


Tips mencegah nyeri punggung datang kembali

  • Membiasakan hidup aktif. Berolahraga rutin setiap hari untuk memperkuat tulang punggung dan otot - otot punggung.
  • Olahraga dan aktivitas fisik akan berpengaruh secara positif terhadap mekanisme nyeri dan mempercepat pemulihan.
  • Menjaga postur tubuh yang tepat pada saat duduk, berdiri, atau mengemudi.
  • Jangan mengangkat barang berat. Ketika akan mengangkat barang, jangan membungkuk, tetapi angkat barang tersebut sambil lutut di tekuk dan tulang punggung dalam posisi lurus.
  • Ubah posisi tubuh secara sering selagi duduk atau berdiri dalam waktu lama atau menghindari timbulnya ketegangan pada otot.
  • Pertahankan berat badan ideal.
  • Tidur dengan posisi yang tepat, nyaman, dan tidak menyebabkan ketegangan otot. Lebih dianjurkan untuk menggunakan kasur yang cukup keras.
  • Jangan mengenakan sepatu bertumit tinggi.
  • Jangan duduk atau berdiri secara terus menerus dalam waktu lama.
  • Biasakan posisi tubuh yang baik selagi beraktivitas dan bekerja.
  • Cara terbaik untuk menghindari nyeri punggung yaitu cukup istirahat dan melakukan upaya - upaya pencegahan lainnya.
  • Berhenti merokok

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search