Wednesday, November 21, 2018

Kenali Gejala Kusta Sebelum Terlambat

Kenali Gejala Kusta Sebelum Terlambat



Penyakit kusta adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae. Penyakit ini dapat menyerang kulit, system saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, dan mata. Jika penyakit kusta menyerang saraf, maka akan mengakibatkan seseorang mati rasa atau kebas.

Penyakit kusta sering juga disebut lepra, dan memiliki nama lain yaitu morbun Hansen. Mycobacterium leprae yang menjadi penyebab kusta memerlukan waktu 6 bulan hingga 40 tahun untuk berkembang didalam tubuh manusia, dan bisa saja gejala dari bakteri itu baru muncul setelah 2 sampai 10 tahun setelah menginfeksi.

Penyakit kusta terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kusta kering (pausi basiler) dan kusta basah (multi basiler). Kusta kering atau pausi basiler biasanya memiliki gejala mirip panu yaitu bercak putih kering yang muncul tidak hanya di satu tempat. Sedangkan kusta basah atau multi basiler memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan kusta kering namun dengan tepian yang berwarna kemerahan.

Ciri penyakit kusta yang paling mendasar adalah kurang rasa atau mati rasa sama sekali pada area kulit yang menampakkan bercak. Kulit mereka pun sangat kering. Hal inilah yang menyebabkan penderita kusta jika dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan saraf sehingga mereka tidak merasakan sakit walaupun jari mereka terputus.

Penyakit kusta dapat menular saat ada kontak melalui kulit yang terluka. Bila kulit penderita kusta menempel pada orang lain, maka penyakit itu akan menular. Penyakit kusta dapat menyasar semua usia, baik tua maupun muda, baik laki-laki maupun perempuan. Tetapi, anak - anaklah yang paling rentan terinfeksi kusta, karena system pertahanan tubuhnya belum berkembang dengan baik.

Penyakit kusta sulit terdeteksi karena ketika seseorang terinfeksi oleh mycobacterium leprae, orang tersebut tidak langsung sakit, tetapi baru dapat terasa setelah beberapa tahun sesudah terinfeksi. Bisa jadi penularannya saat masa kanak-kanak dan munculnya saat sudah dewasa.

Tanda-tanda penyakit kusta sangat beragam, namun hal ini dapat diketahui dengan melihat tanda fisik pada tubuh, seperti tampak bercak putih seperti panu, tidak mengeluarkan keringat, tidak ditumbuhi bulu, dan mati rasa.

Orang yang telah terdiagnosa mengidap kusta, biasanya akan diberikan kombinasi antibiotic (MDT/Multi Drugs Theraphy) sebagai langkah pengobatan selama 6 bulan sampai 2 tahun. Prinsip MDT dapat memperpendek masa pengobtatan, memutuskan mata rantai penularan kusta, dan mencegah terjadinya kecacatan sebelum pengobatan. Obat kusta diresepkan berdasarkan jenis kusta untuk menentukan jenis, dosis antibiotic, dan durasi pengobatan sesuai dengan petunjuk dokter.

Menggunakan antibiotic secara bersamaan dalam satu waktu juga ditujukan agar bakteri tidak kebal terhadap obat-obat yang diberikan, dengan harapan agar penyakit kusta dapat disembuhkan dengan cepat.

Tips Mencegah Penyakit Kusta

  • Pengobatan sejak dini dan teratur. Apabila penyakit kusta telah terdeteksi dan diobati pada masa-masa awal terjadinya infeksi, maka penderita berpeluang besar untuk sembuh dari penyakit kusta.
  • Hindari atau kurangi kontak fisik dengan durasi yang lama dengan penderita kusta.
  • Meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan.
  • Selalu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara rajin berolahraga dan makan makanan yang bergizi tinggi.
  • Jangan bertukar pakaian dengan penderita kusta, karena bakteri dapat ditemukan pada kelenjar keringat.
  • Untuk penderita kusta type Multi Basiler, jangan meludah sembarangan, karena bakteri masih dapat hidup selama beberapa hari di udara terbuka.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search