Sunday, November 4, 2018

Leukore, Identifikasi, dan Penanganannya

Leukore, Identifikasi, dan Penanganannya



Leukore (keputihan) adalah suatu kondisi dimana terjadi pengeluaran secret putih atau kekuningan dari vagina. Sekret ini bisa berasal dari vagina, ovarium, tuba falopi, atau serviks. Leukore yang normal ditandai dengan keluarnya secret putih, agak lengket, dan tidak berbau, yang berfungsi sebagai pelumas vagina sehingga melindungi vagina dari infeksi atau luka.

Leukore disebut abnormal jika terjadi peningkatan dalam volume, perubahan warna, dan bau pada secret vagina, yang mungkin menandakan adanya infeksi atau peradangan system reproduksi wanita. Leukore juga dapat merupakan pertanda dini adanya kehamilan, karena pada kondisi ini terjadi peningkatan hormon estrogen dan peningkatan aliran darah ke area vagina.


Identifikasi Leukore

Pasien mengalami keluhan berupa keluarnya secret dari vagina yang lebih banyak dari biasanya.

1. Apakah terjadi perubahan warna pada secret vagina ? dan apakah penderita mengalami iritasi vagina ?
Penderita mungkin mengalami vaginitis, istilah umum yang digunakan untuk setiap kondisi inflamasi pada vagina. Umumnya tidak menimbulkan masalah serius, tetapi cukup menganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Periksakan diri pada dokter dan ikuti terapi yang diberikan.

2. Apakah penderita mengalami gatal-gatal pada vaginanya ? dan apakah secret vagina tampak berwarna putih seperti keju cottage ?
Mungkin ini adalah kandidiasis vagina, suatu infeksi jamur superficial pad avagina yang umumnya disebabkan oleh jamur Candida albicans. Periksakan diri pada dokter dan ikuti terapi yang diberikan.

3. Apakah secret vagina berwarna putih, keabuan, atau kekuningan dan seringkali berbau amis ?
Mungkin ini adalah vaginosis bacterial, suatu infeksi vagina karena pertumbuhan berlebihan dari bakteri yang dalam keadaan normal berada didalam vagina, misalnya Gardnerella Vaginalis. Periksakan diri pada dokter dan ikuti terapi yang diberikan.

4. Apakah secret vagina seperti air dan berwarna kuning kehijauan dan keluar sesudah menstruasi ?
Mungkin ini adalah trikomoniasis, suatu infeksi vagina yang disebabkan parasit, yaitu Trichomonas vaginalis, yang ditularkan melalui hubungan seksual. Periksakan diri pada dokter dan ikuti terapi yang diberikan.

5. Apakah penderita memiliki pasangan seksual yang berganti-ganti atau sering melakukan hubungan seksual ?
Mungkin ini adalah penyakit hubungan seksual, yang disebabkan virus, bakteri, atau jamur yang mengalami penyebaran terutama melalui hubungan seksual. Jagalah kebersihan saaat berhubungan seksual dan periksakan diri pada dokter dan ikuti terapi yang diberikan.

6. Apakah penderita sebelumnya menggunakan diafragma dalam waktu lama ?
Keputihan mungkin disebabkan karena adanya benda asing didalam vagina dalam waktu terlalu lama, sehingga menyebabkan iritasi atau infeksi vagina. Periksakan diri pada dokter dan ikuti terapi yang diberikan.


Anjuran Untuk Pasien
  • Periksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan secara berkala, sekurang-kurangnya setahun sekali.
  • Biasakan menjaga kebersihan bagian kewanitaan untuk mencegah terjadinya infeksi vagina yang dapat menimbulkan gejala leukore. Bersihkan bagian kewanitaan secara cermat sekurang - kurangnya sehari sekali dengan menggunakan sabun ringan.
  • Kaum wanita hendaknya dibiasakan membasuh bagian kewanitaan dari depan (saluran kemih) ke belakang (dekat anus) untuk mencegah terbawanya bakteri dari anus ke vagina atau saluran kemih.
  • Hindari penggunaan sabun yang keras dan mengandung parfum atau pewangi karena dapat menyebabkan iritasi.
  • Sedapat mungkin, kenakan celana panjang yang longgar dan celana dalam yang terbuat dari bahan katun.
  • Ganti pembalut sesering mungkin untuk mencegah agar tidak dijadikan sarang tempat berkumpulnta bakteri.
  • Jangan melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan atau memiliki pasangan seksual lebih dari satu.


Tips

  • Jika terjadi kekambuhan sesudah di terapi, atau jika leukore tidak mengalami perbaikan sesudah diterapi, Instruksikan penderita untuk segera kontrol kembali ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.
  • Diskusikan mengenai pencegahan dan penanganan leukore.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search