Thursday, November 8, 2018

Mengenal Penyakit Postherpetic Neuralgia

Mengenal Penyakit Postherpetic Neuralgia



Postherpetic neuralgia merupakan suatu nyeri saraf yang berat yang terjadi setelah ruam atau vesikel - vesikel sembuh. Vesikel-vesikel itu sendiri disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab varisela yaitu virus varisela zoster. Virus tersebut tetap berada didalam sel-sel saraf dalam keadaan nonaktif. Faktor-faktor yang dapat mengaktifkan virus tersebut antara lain usia, penyakit, stress, atau obat-obatan. Nyeri mereda secara bertahap dalam waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Namun demikian, pada beberapa individu nyeri mungkin mulai dirasakan 4 bulan atau lebih sesudah episode herpes/cacar membaik.

Postherpetic neuralgia terjadi ketika serat serat saraf mengalami kerusakan selama timbulnya vesikel-vesikel dan dirasakan pada tempat yang sama dengan tempat munculnya vesikel. Nyeri biasanya akan sembuh dengan sendirinya bahkan tanpa diberikan pengobatan. Namun demikian, pada sebagian individu yang berusia diatas 70 tahun, nyeri pasca herpes ini adakalanya bersifat persisten (menetap).


Identifikasi Postherpetic Neuralgia

Anda mengalami nyeri tajam  dan rasa panas seperti terbakar.

Apakah anda memiliki riwayat herpes zoster sebelumnya ? dan apakah nyeri berlangsung selama 2 bulan atau lebih sesudah serangan herpes zoster akut ? atau sesudah lesi kulit membaik ? atau nyeri dirasakan pada tempat yang sama dengan tempat munculnya ruam atau vesikel herpes zoster ?

Dapat dipastikan anda mengalami Postherpetic neuralgia. Segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Tips untuk meredakan nyeri pada penyakit Postherpetic neuralgia.

  • Cara terbaik untuk mengurangi iritasi dan nyeri pada area kulit yaitu mengenakan pakaian yang tidak ketat dan terbuat dari bahan katun.
  • Dinginkan area yang sakit dengan kompres dingin atau mandi dengan air dingin. Cara ini setidaknya dapat mengurangi rasa nyeri.
  • Latihan relaksasi adakalanya bermanfaat membantu meredakan nyeri, khususnya yang diperburuk oleh stress dan kecemasan. Mendengarkan music yang menyenangkan sangat dianjurkan.


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search