Wednesday, November 21, 2018

Semakin cantik dengan skincare

Semakin cantik dengan skincare




Melakukan skincare saat ini sangat mudah dan akan membuat semakin cantik. Namun, kita perlu tahu caranya supaya kulit bisa benar-benar terawat. Salah penggunaannya bisa berakibat fatal.

Pastinya pernah mendengar istilah tepuk dan usap atau oles kan? Mana sih yang lebih bagus? Menurut saya semuanya bagus, tergantung dari produknya saja.

Kalau skincare untuk pembersih kulit wajah seperti sabun pembersih, toner, atau cleansing oil. Maka, cara penggunaannya dengan mengusap lembut. Karena perlu mengangkat kotoran dan sisa make up
dari permukaan kulit. Namun, jangan menggosok terlalu keras karena akan menarik kulit dan menyebabkan keriput.

Untuk produk yang berfungsi menutrisi dan memberi kelembapan seperti pelembap, serum, krim mata, dan tabir surya. Cara menggunakannya dengan cara menepuk-nepuk lembut.

Untuk area wajah yang sensitif pun perlu diperhatikan. Salah satunya area kulit di sekitar mata. Untuk area ini jangan mengusap kulit terlalu kuat saat membersihkan make up. Sebelum membersihkan sisa make up perlu dikompres dulu dengan kapas yang sudah dibalur eye make up remover. Usapkan secara lembut. Karena area ini tipis dan minim kelenjar minyak, sehingga cepat menimbulkan kekerutan.

Wajah kita akan semakin cantik jika melakukan skincare dengan baik dan benar. Salah satunya adalah membersihkan make up ketika hendak tidur. Jangan membiarkan tidur dengan make up yang masih menempel di wajah. Bisa menyebabkan timbulnya jerawat, pori-pori kulit tertutup, dan penuaan dini.

Jangan pernah menyepelekan membersihkan wajah dari make up. Karena ini juga akan mempengaruhi kondisi kulit.  Sayangi kulit wajah kita dengan menjaga kebersihannya.

Meskipun dalam kondisi lelah, usahakan bersihkan dulu wajah kita dari make up.

Cara membersihkan wajah yang baik dan benar, yaitu:

·         Bersihkan make up sebelum mencuci wajah dengan air. Sebelum mencuci wajah dengan air. Gunakan cairan remover untuk membersihkan make up.

·         Bersihkan dengan lembut. Setelah membersihkan make up, baru mencuci wajah dengan sabun pencuci muka.

·         Keringkan wajah perlahan dan gunakan handuk bersih. Jangan menggunakan handuk sembarangan untuk mengeringkan wajah. Walau kelihatannya bersih, bisa saja ada banyak bakteri menempel.

Siapa sih yang tidak ingin wajahnya tampil cantik alami. Pasti semua wanita mendambakannya bukan? Sehingga kadang beberapa wanita rela merogoh saku yang dalam. Melakukan perawatan di salon kecantikan demi mendapatkan wajah yang cantik dan bersinar.

Sebenarnya flawless skin, juga bisa kita miliki dengan perawatan rutin di rumah. Tanpa perlu ribet pergi ke salon dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

 Skincare di rumah bisa dilakukan dengan cara, yaitu:

·         Cleanser
Membersihkan wajah ini sangat penting karena berfungsi untuk mengangkat sisa riasan, debu, dan minyak. Sehingga membuat wajah tampak bersih dan segar.

·         Toner
Toner ini menyegarkan, tetapi berguna untuk meringkas pori dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap produk yang akan diaplikasikan setelahnya.

·         Spot Treatment

·         Serum

·         Moisturizer

·         Eye Cream

·         Lip Balm

Sebenarnya ada banyak cara untuk skincare sehingga wajah kita benar-benar terawat dan tampak glowing. Mencuci muka dengan bersih, merupakan awal dari kebiasaan baru. Supaya wajah tetap bersih dan terawat.

Mencuci muka tidak bisa dianggap sepele. Apalagi jika memiliki wajah yang mudah berjerawat. Jadi harus rutin cuci muka dan melakukannya dengan baik dan benar.

Lalu bagaimana sih cara mencuci muka yang baik dan benar itu? Cekidot, yuk mari baca pelan-pelan, akan saya jelaskan caranya.

Ini dia cara yang benar dan tepat:

·         Cuci muka setidaknya dua kali sehari.

·         Bersihkan semua sisa make up. Caranya sudah saya jelaskan di atas, silakan scroll ya, jangan malas demi wajah kita supaya sehat.

·         Cuci wajah dengan air suam-suam kuku.
Ternyata mencuci wajah ini yang benar menggunakan air suam-suam kuku. Kenapa? Karena air hangat ini bisa membuka pori-pori pada kulit, sehingga wajah bisa bersih secara maksimal. Namun, jangan terlalu hangat ya, karena bisa membuat kulit kering.

·         Pijat wajah dengan lembut.
Ketika mencuci muka, pijat wajah secara lembut dengan gerakan memutar. Berfungsi untuk mengangkat debu serta sisa make up dengan lebih maksimal.

·         Jangan menggosok dengan handuk.
Setelah mencuci muka, keringkan wajah dengan menepuk-nepuk handuk. Jangan menggosoknya karena dikhawatirkan membuat wajah menjadi iritasi.

Macam-macam skincare


Saya akan membahas secara detail tentang skincare. Mengapa skincare sekarang ini sangat diperlukan bagi para wanita? Karena dengan skincare bisa mencegah penuaan dini, kulit wajah menjadi glowing. Selain itu kulit wajah menjadi semakin sehat.

Lalu apa sih skincare itu sendiri? Skincare merupakan proses perawatan pada wajah. Yang mana wajah kita perlu beberapa tahapan untuk menjaga kesehatan dan kesegarannya.

Skincare bisa memenuhi nutrisi untuk kulit wajah. Bukan hanya perut saja yang perlu asupan nutrisi, tetapi kulit jauh lebih membutuhkan. Jika kurang nutrisi, maka kulit akan tampak kusam, kusut, dan terlihat lebih tua.

Dulu yang saya tahu soal skincare hanya sabun cuci muka, pembersih muka, dan pelembap. Ternyata skincare ini ada banyak macamnya.

Setelah melakukan skincare, efeknya sangat nyata.  Di antaranya kulit kelihatan sehat sekali, jerawat tidak muncul, kulit kenyal dan lembut, lebih cerah, warna kulit kelihatan fresh. Tidak pucat meskipun tanpa make up.

Skincare ada beberapa macam. Saya akan membahasnya satu per satu.

·         Night Cream / Krim Malam
Kenapa saya merekomendasikan krim malam? Karena efeknya sangat nyata. Antara lain bisa menghilangkan jerawat dengan cepat, wajah tampak cerah, tekstur wajah lembut dan kenyal, dan sangat komplet hasilnya.

·         Serum
Serum ini juga hasilnya bagus untuk wajah, hanya saja dibatasi mulai usia 21 tahun. Untuk remaja yang wajahnya masih halus tidak dianjurkan, kecuali atas petunjuk dokter. Harga serum pun lebih mahal dari harga krim malam. Namun, ada juga yang murah dan hasilnya bagus. Lagipula memakainya hanya cukup beberapa tetes saja di muka, jadi sangat awet.

·         Face Scrub
Face scrub ini efeknya tidak secepat Night Cream dan Serum. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus harus dipakai secara rutin. Bisa membantu kulit tetap terjaga kecerahannya. Kulit tidak kusam dan membantu mengangkat kotoran debu yang menempel serta mencegah munculnya jerawat.

Face Scrub ini mendukung keberhasilan kandungan yang ada pada Night Cream dan Serum yang kita gunakan.

·         Tabir Surya dan Pelembap
Digunakan jika lebih banyak beraktivitas di luar ruangan. Agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Sedangkan pelembap digunakan jika akan beraktivitas di dalam ruangan. Supaya kulit terjaga kelembapannya.


·         Makeup Remover
Ini tahapan yang paling penting. Digunakan pada malam hari. Fungsinya untuk membersihkan sisa make up atau produk kosmetik di malam hari. Tujuannya supaya bisa mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah efek negatif dari produk make up yang tersisa.

·         Eye Cream
Tahapan ini sangat penting untuk yang memiliki masalah mata panda atau kantung mata. Eye Cream ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit di area mata setiap harinya.


Skincare ini banyak sekali jenisnya. Karena itu sebelum membelinya, kita harus tahu dulu istilah-istilahnya. Agar lebih mudah dalam memilih.

·         Serum merupakan produk perawatan wajah yang dapat menembus bagian terdalam kulit.

·         Essence mirip dengan serum, tetapi memiliki kandungan aktif yang lebih rendah. Teksturnya juga lebih kental.

·         Non-comedogenic merupakan produk yang tidak menyebabkan komedo. Cocok untuk kulit wajah yang berminyak.

·         AHA yaitu alpha-hydroxy acids. Berfungsi untuk menyamarkan garis-garis halus pada wajah dan flek hitam. Sedangkan BHA yaitu salicylic acid, merupakan produk yang memiliki kandungan untuk membasmi jerawat.

·         Exfoliator yaitu produk yang memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati pada wajah yang akan membuat wajah menjadi lebih halus dan juga cerah.

Demikianlah pembahasan seputar skincare untuk wajah. Semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi dalam merawat kulit wajah. Agar tampil bersih dan cantik, tanpa perlu ke salon kecantikan yang mahal. 

Semoga bermanfaat. 



Sumber:












Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search