Thursday, November 29, 2018

Tips Mencegah dan Mengendalikan Asam Urat

Tips Mencegah dan Mengendalikan Asam Urat



Pernahkah anda merasakan nyeri pada sendi, dan mengalami pembengkakan pada sendi yang nyeri tersebut ? Bisa jadi anda mengalami penyakit asam urat. Ada hal yang harus anda ketahui bahwa penyakit asam urat tidak bisa disembuhkan tetapi dapat dicegah dan dikendalikan. Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian asam urat, gejala dan penyebab asam urat, serta cara pencegahan serta pengendalian asam urat.

Apakah Penyakit Asam Urat?


Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang sendi. Pada dasarnya, asam urat merupakan zat buangan yang terbentuk secara alami didalam tubuh manusia dan sudah tidak terpakai lagi. Kadar asam urat yang berlebihan akan menumpuk di area sendi. Kondisi inilah yang membuat sendi anda terasa sakit dan nyeri. Kadar asam urat dalam tubuh harus dijaga agar tetap seimbang sehingga tidak menimbulkan nyeri sendi yang mengganggu dan menyakitkan.

Gejala Asam Urat

  • Sendi yang tiba-tiba terasa sangat sakit, terutama sendi jempol kaki merupakan gejala penyakit asam urat yang umum terjadi.
  • Nyeri dapat berkembang dalam tempo beberapa jam saja. Rasa nyeri ini akan disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna merah pada kulit yang melapisi sendi.
  • Serangan penyakit asam urat biasanya terjadi pada kurun waktu 3-10 hari. Saat gejala mereda dan bengkaknya mengempis, kulit disekitar sendi yang terkena asam urat akan tampak bersisik, terkelupas, dan terasa gatal. Meski asam urat bisa reda dengan sendirinya, namun kondisi ini tidak boleh diabaikan.
  • Tidak hanya sendi - sendi jempol kaki saja, sendi - sendi lain yang terletak di ujung anggota badan juga rentan terkena serangan penyakit asam urat. Contohnya adalah sendi pergelangan kaki, telapak kaki tengah, lutut, pergelangan tangan, jari - jari tangan, dan siku.


Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Asam Urat

Pengobatan
Salah satu cara untuk mengobati asam urat adalah dengan rutin mengkonsumsi obat asam urat. Tujuan pengobatan dengan obat asam urat adalah untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah serta mencegahnya untuk kambuh kembali.

Pencegahan
Asam urat tinggi dapat disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar asam urat tinggi, jarang berolahraga, dan bisa juga dipicu karena faktor usia. Sebagai langkah antisipasi agar tidak terkena penyakit asam urat, pola makan teratur dengan kadar lemak rendah dan diet tinggi serat harus dilakukan. Berikut ini adalah tips agar asam urat tidak kambuh kembali :
  • Hindari makan jeroan. Jeroan merupakan pantangan utama bagi para penderita asam urat. Karena dalam jeroan terkandung purin yang sangat banyak dan dapat memicu terbentuknya kadar asam urat yang tinggi.
  • Gaya hidup sehat dengan aktif berolahraga. Berolahraga secara teratur dan terukur, dapat memecah kadar asam urat dalam tubuh dan merubahnya menjadi energy, sehingga asam urat tidak menumpuk didalam tubuh.
  • Hindari stress agar hormon pemicu asam urat tidak memproduksi asam urat secara berlebihan.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search