Thursday, December 20, 2018

Alasan Kuat Untuk Berhenti Merokok

Alasan Kuat Untuk Berhenti Merokok


Pernahkah anda melihat orang yang sedang merokok ? Pastinya anda akan merasakan ketidaknyamanan jika sedang berada didekat orang yang merokok. Rokok sendiri merupakan silinder dari kertas yang memiliki ukuran panjang 70 hingga 120 mm dengan diameter sekitar 10 mm, yang berisi daun tembakau yang sudah dikeringkan dan dicacah.

Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen dan 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Rokok mengandung berbagai racun yang berbahaya bagi tubuh. Dari sekian banyak racun yang terkandung didalam rokok, terdapat 8 racun yang paling berbahaya yang terkandung didalam rokok, yaitu :
  • Nikotin. Nikotin merupakan zat yang paling berbahaya yang terkandung didalam rokok. Nikotin dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, mempengaruhi glukosa dalam darah, detak jantung yang cepat, dan bersifat adiktif (menimbulkan kecanduan).
  • Acetaldehyde. Zat ini merupakan zat yang bersifat karsinogen (zat penyebab kanker). Zat ini merupakan penyebab beberapa masalah kesehatan seperti penyebab iritasi pada kulit dan mata, serta dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernafasan.
  • N-Nitrosamines. Kandungan rokok yang satu ini dapat menyebabkan rusaknya alat reproduksi manusia.
  • 1,3-Butadiene. Zat ini merupakan zat yang dapat membuat cacat pada manusia. 1,3-Butadiene bersifat karsinogen pada manusia dan dapat mengiritasi mata, telinga, serta dapat mengiritasi saluran pernafasan bagian atas.
  • Benzene. Zat ini bersifat karsinogen dan dapat merusak tulang sumsum manusia serta dapat membahayakan organ reproduksi anda.
  • Acrolein. Zat ini memiliki sifat karsinogen pada manusia serti memiliki DNA mutagen yang dapat menyebabkan penyakit jantung, iritasi pada kulit, serta saluran pernafasan.
  • Aromatic amine. Selain bersifat karsinogen pada manusia, zat ini juga dapat menyebabkan kanker saluran pencernaan.
  • Polyaromatic. Sama seperti benzene, polyaromatik juga dapat mempengaruhi system reproduksi anda.
Orang yang merokok terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu perokok aktif dan perokok pasif. Perokok aktif merupakan orang yang langsung menghisap rokok melalui mulut mereka dan memasukkan asap rokok kedalam paru - paru mereka. Sedangkan perokok pasif merupakan orang yang berada disekitar perokok aktif. Mereka menghisap asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok aktif, sehingga perokok pasif menanggung risiko 2 kali lebih besar dari perokok aktif karena mereka telah terpapar asap rokok itu sendiri ditambah racun - racun dari dalam tubuh perokok aktif. Untuk itulah ada baiknya kita menghindar jika ada orang yang sedang merokok dan jauhkan anak - anak dari paparan asap rokok karena sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan tubuh mereka.


Berikut ini merupakan Beberapa alasan kuat bagi anda untuk berhenti merokok

  • Rokok tidak memiliki label halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). MUI sepakat menggolongkan rokok kedalam golongan benda - benda yang dihukumi makhruh (di benci) menurut hukum islam. Bahkan untuk beberapa kelompok masyarakat, merokok telah dihukumi haram terutama untuk anak - anak dan wanita hamil. Sebagai warga dari Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sudah sepatutnya kita mematuhi aturan yang dibuat oleh MUI.
  • Merokok merupakan perbuatan sia - sia. Telah dijelaskan pada artikel diatas bahwa merokok memiliki banyak resiko bagi kesehatan seperti dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, gangguan kehamilan, dan janin. Berapa banyak waktu yang terbuang ketika anda menghisap rokok. Dengan menghisap rokok, anda justru melemahkan tubuh anda sehingga tubuh anda mudah terserang penyakit dan dapat mengurangi produktivitas anda. Ketika produktivitas anda berkurang, maka penghasilan anda pun ikut berkurang.
  • Merokok dapat membahayakan kesehatan keluarga anda. Walaupun didalam keluargan anda hanya anda yang merokok, tetapi keluarga anda terutama anak anak anda juga dapat mengalami masalah kesehatan akibat menghisap asap rokok yang anda keluarkan. Jika istri anda sedang mengandung, dia dapat mengalami keguguran karena menghisap asap rokok yang anda keluarkan. Anak - anak anda pun sangat rentan mengalami infeksi saluran nafas karena menghisap asap rokok yang anda keluarkan.
  • Merokok dapat memutus keturunan. Rokok dapat menyebabkan impotensi yang berakibat pada kemandulan atau tidak mampu menghasilkan keturunan.
  • Merokok dapat mempersingkat umur anda. Memang umur manusia tidak ada yang tahu, dan semua manusia pasti akan mengalami kematian. Tetapi, dengan merokok anda telah membantu mengurangi usia dan beban hidup anda, sehingga hidup anda semakin singkat karena anda menjadi rentan terserang berbagai penyakit berbahaya.

Mulai sekarang, pertimbangkanlah untuk berhenti merokok. Walaupun sulit, anda dapat berusaha sedikit demi sedikit. Ingatlah keluarga anda, anak - anak anda, dan istri anda tercinta. Mereka sangat membutuhkan anda sebagai kepala keluarga. Jangan korbankan kebahagiaan mereka demi kesenangan sesaat anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search