Thursday, December 20, 2018

Rutin Mengkonsumsi Wortel dan Raih Manfaatnya Untuk Kesehatan

Rutin Mengkonsumsi Wortel dan Raih Manfaatnya Untuk Kesehatan


Wortel merupakan sayuran yang sering kita jumpai sehari - hari. Wortel sering kita temui pada berbagai masakan seperti capcai, sayur sop, bahkan ada yang diolah menjadi jus yang sangat enak dan menyegarkan. Pada umumnya, bagian wortel yang dikonsumsi adalah bagian umbinya saja. Meskipun sebagian besar wortel berwarna jingga atau oranye, ada beberapa wortel yang memiliki warna lain seperti kuning, ungu, putih, dan merah.

Wortel merupakan jenis sayuran akar yang disebut sebagai makanan sehat karena memiliki nilai gizi yang tinggi. Beberapa kandungan gizi yang terdapat didalam sayuran wortel diantaranya beta karoten, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin K, dan kalium, sehingga menjadikan wortel sebagai sayuran yang memiliki nilai gizi tinggi.

Wortel merupakan sayuran yang kaya akan manfaat. Hal ini dikarenakan wortel memiliki berbagai kadungan vitamin dan mineral. Beberapa manfaat dari mengkonsumsi wortel diantaranya menjaga kesehatan mata, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah, mengatasi sembelit, dan menurunkan resiko kanker. Dibawah ini merupakan berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan rutin mengkonsumsi wortel, yaitu :
  • Menjaga kesehatan mata. Kita telah mengetahui bahwa wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Hal ini sangat beralasan karena wortel mengandung 835 mikrogram vitamin A pada setiap 100 gramnya. Kandungan vitamin A tersebut mencukupi sekitar 93% kebutuhan vitamin A harian kita.
  • Meningkatkan metabolisme. Wortel dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita. Hal ini karena kandungan vitamin B yang terdapat didalam wortel yang dapat memecah glukosa, lemak, dan protein serta memastikan energy yang dihasilkan dipakai secara efisien oleh tubuh kita.
  • Menjaga kesehatan jantung. Wortel memiliki banyak kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fospor, dan betakaroten. Kandungan tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.
  • Menyembuhkan luka. Wortel memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi yang akan diubah menjadi retinol oleh tubuh. Retinol merupakan bentuk vitamin A yang paling murni. Retinol bermanfaat untuk menyembuhkan luka.
  • Melawan radikal bebas. Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sayuran ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang dapat membantu untuk melawan radikal bebas.
  • Menurunkan kolestrol. Sebuah penelitian di Harvard University menyebutkan bahwa orang yang memakan sedikitnya 6 buah wortel dalam 1 minggu dapat menurunkan risiko kolestrol tinggi daripada yang hanya mengkonsumsi satu buah tiap bulan.
  • Mengurangi risiko kanker payudara. Mengkonsumsi makanan yang mengandung betakaroten yang tinggi (termasuk wortel) setiap hari, dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Kombinasi wortel dengan ketumbar, ternyata sangat ampuh bagi kesehatan. Sup wortel dan ketumbar dapat mempertahankan kekebalan tubuh.
  • Menjaga kesehatan otak. Wortel dapat membantu menjaga kesehatan otak. Asupan tinggi dari sayuran umbi akar dapat meningkatkan kemampuan daya ingat dan daya berfikir seseorang.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search