Sunday, December 2, 2018

Cara Mencegah Penyakit Demensia

Cara Mencegah Penyakit Demensia



Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat orang yang sudah lanjut usia sering mengalami pikun atau lupa ingatan. Memang tidak dapat dipungkiri, semakin bertambah tuanya seseorang, sel-sel tubuhnya pun ikut menua, melemah, bahkan mati. Hal ini terjadi pula pada sel-sel di otak. Sel - sel otak yang mati tersebut menyimpan beberapa ingatan manusia semasa hidupnya. Maka dari itu, dengan matinya beberapa sel otak, maka akan ada pula sejumlah ingatan yang hilang.

Penyakit lupa ingatan tersebut disebut demensia. Demensia adalah kumpulan gejala yang mempengaruhi kemampuan yang terkait dengan ingatan, pikiran, dan bahasa. Namun, jika anda mengalami hilang ingatan, belum tentu anda terkena demensia. Penyebab hilang ingatan tidak hanya disebabkan oleh demensia, amnesia dan Alzheimer pun dapat menyebabkan hilangnya ingatan seseorang.

Demensia disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak. Hal ini dapat menyebabkan seseorang kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, mempengaruhi perilaku, dan perasaan. Kebanyakan kerusakan otak akibat demensia bersifat permanen dan semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Namun, efek pada gangguan ingatan dan kemampuan berpikir dapat disebbakan oleh kondisi-kondisi berikut, yaitu depresi, efek samping obat-obatan, penyalahgunaan alkohol, gangguan tiroid, dan kekurangan vitamin.

Faktor penyebab demensia : 


·    Usia : Seseorang sangat rentan terkena penyakit demensia ketika berusia 65 tahun. Namun, demensia bukan merupakan bagian dari proses penuaan yang normal, karena demensia juga dapat terjadi pada usia muda.

·    Riwayat keluarga : Banyak orang dengan riwat keluarga dimensia, tetapi tidak mengalami dimensia. Tetapi, adapula orang yang tidak memiliki riwayat keluarga demensia, tetapi orang tersebut justru mengalami penyakit demensia.

·    Down syndrome : Banyak orang yang mengidap down syndrome mengalami serangan dini penyakit demensia pada usia paruh baya.

·     Gangguan kognitif ringan : Kondisi ini meliputi ganguan ingatan, tetapi tanpa hilangnya fungsi sehari-hari.

Gejala demensia adalah :


·         Kehilangan ingatan.

·         Kesulitan berbahasa, berkomunikasi, dan melakukan aktivitas sehari-hari.

·         Bingung akan waktu dan tempat.

·         Kesulitan berfikir abstrak.

·         Salah menempatkan benda.

·         Perubahan mendadak pada perilaku, kepribadian, dan mood.

·         Kehilangan inisiatif atau apatis.



Beberapa Tips Untuk Mencegah Penyakit Demensia

  • Tingkatkan komunikasi. Cobalah untuk melakukan kontak mata dan berbicara secara perlahan. Anda juga dapat menggunakan gerakan untuk menjelaskan ide anda.
  • Olahraga. Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan dan melindungi otak, serta mempertajam daya ingat. Selagi dibarengi dengan pola makan yang sehat.
  • Jaga gaya hidup yang seimbang. Cobalah untuk melakukan aktivitas dengan orang lain, seperti menari, melukis, memasak, bernyanyi, atau apaun yang anda sukai.
  • Tidur yang cukup serta kurangi konsumsi kafein.
  • Miliki kalender. Hal ini berguna untuk menambah daya ingat anda, yaitu dengan mengingat acara-acara yang akan datang.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search