Monday, December 3, 2018

Hilangkan Kantuk Saat Bekerja

Hilangkan Kantuk Saat Bekerja



Apakah anda sering merasakan kantuk ? Rasa kantuk biasanya datang pada malam hari. Karena, malam hari merupakan waktunya tubuh untuk beristirahat. Tetapi, pada beberapa orang rasa kantuk juga sering menyerang pada pagi dan siang hari, terutama saat bekerja. Terlebih lagi, jika anda bekerja sebagai pegawai kantor yang aktivitas sehari-harinya berada didepan komputer dan diruangan ber-AC, pasti anda lebih sering merasakan kantuk. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai penyebab mengantuk dan beberapa tips untuk menghilangkan kantuk saat bekerja.

Terdapat beberapa penyebab kantuk yang harus anda waspadai, yaitu :

  • Kurang istirahat. Orang dewasa memerlukan waktu untuk tidur sekitar 7-9 jam setiap hari. Apabila seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup pada malam hari, maka orang tersebut akan mengalami kantuk pada siang hari.
  • Pola tidur yang berubah. Seseorang yang bekerja dengan jadwal shift yang berganti-ganti, sangat rentan mengalami gangguan tidur. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pada ritme irama tubuh atau ritme sikardian. Ganguan tersebut menimbulkan perasaan kantuk karena tubuh tidak sempat beradaptasi dengan pola tidur yang berubah-ubah.
  • Gangguan tidur. Beberapa gangguan tidur, dapat menyebabkan rasa kantuk berlebihan pada siang hari. Salah satunya adalah Obstructive Sleep Apnea (OSA). Gangguan ini terjadi ketika seseorang mengalami hambatan aliran udara saat tidur. Contoh gangguan tidur lain adalah hypersomnia, yaitu kondisi ketika seseorang membutuhkan waktu tidur lebih lama dari waktu tidur normal, dengan keluhan rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari.
  • Gangguan psikis. Seseorang yang mengalami depresi, dapat mengalami keluhan kantuk yang berlebihan, murung, dan kehilangan minat dalam beraktivitas.
  • Gangguan metabolic. Berbagai gangguan metabolisme tubuh seperti kadar natrium dan kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan kesadaran yang menyerupai keadaan kantuk.

Tips Hilangkan Kantuk Saat Bekerja

  • Minum air putih. Dehidrasi dapat menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi dan mengantuk saat bekerja. Dengan minum air putih selama bekerja, seseorang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya, dan dapat mencegah terserang rasa kantuk saat bekerja.
  • Bernapas dalam-dalam. Rasa kantuk juga dapat disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan oksigen. Bernapas dalam-dalam dapat memberikan asupan oksigen yang cukup kedalam tubuh, sehingga dapat membuat anda lebih tenang dan membuat anda lebih fokus saat bekerja.
  • Olahraga ringan. Olahraga ringan dapat membuat adrenalin anda terpacu, sehingga anda kembali waspada. Anda dapat berjalan - jalan keluar ruangan sebentar untuk menghirup udara segar.
  • Atur jam tidur. Usahakan anda mendapatkan cukup tidur setiap hari. Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per hari. Hentikan memainkan telepon genggam anda atau menonton tv minimal 20 menit sebelum anda pergi tidur.
  • Mendengarkan music. Mendengarkan music dapat menjadi alternative lainnya untuk menghindari minum kopi saat ngantuk.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com



Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search