Sunday, January 13, 2019

Kenali Khasiat Tanaman Patah Tulang

Kenali Khasiat Tanaman Patah Tulang


Pernahkah anda mendengar nama patah tulang ? Mungkin yang terlintas dibenak anda ketika mendengar nama patah tulang adalah suatu kondisi tulang yang patah yang disebabkan oleh suatu insiden atau kejadian. Itu memang betul, tetapi yang dibahas kali ini bukan patah tulang sebagai kasus atau insiden, melainkan sebuah jenis tanaman yang dapat mengobati berbagai penyakit, terutama penyakit kulit tanpa operasi. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai tanaman patah tulang dan khasiatnya bagi kesehatan dan pengobatan.

Patah tulang adalah tumbuhan perdu yang tumbuh tegak dan memiliki tinggi 2 - 6 meter dengan pangkal berkayu, bercabang banyak, dan bergetah seperti susu yang beracun. Tumbuhan ini memiliki ranting yang bulat silindris, berbentuk pensil, beralur halus membujur, dan berwarna hijau. Tanaman patah tulang juga dikenal dengan banyak sebutan seperti kayu potong, kayu jaliso, pacing tawa, tikel balung, dan lain sebagainya. Tetapi tentu saja semua manfaat ini tidak selalu berhasil tergantung dari individu masing-masing, bahkan ada beberapa individu yang bahkan tidak dapat menerima efek dari tanaman ini.

Pada bagian batang, tanaman ini memiliki getah berwarna putih yang mengandung euplol, zat pahit, zat karet, euphorbone, taraksasterol, dan alaktucerol yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan kapalan, kutil, dan dapat mengatasi patah tulang. Berikut ini merupakan beberapa khasiat lain dari tumbuhan patah tulang yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit yaitu :

Mengatasi kalus/kapalan
Kapalan merupakan penebalan dan pengerasan kulit yang terjadi karena gesekan atau tekanan yang terlalu sering dan berlebihan. Kapalan atau kalus terjadi karena tubuh bereaksi untuk melindungi bagian kulit dalam yang lebih sensitive dan umumnya terjadi pada jari, tangan, kaki, dan tumit yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasi kapalan, anda dapat menggunakan tanaman patah tulang, dengan cara sebagai berikut :
  • Rebus satu genggam batang tanaman patah tulang sampai mendidih dan biarkan hingga hangat.
  • Gunakan untuk merendam area kapalan selama ½ jam yang dilakukan secara teratur.

Menyembuhkan kutil
Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang terjadi pada bagian kulit teratas yang disebabkan karena human papilloma virus (HPV) yang dapat menyebabkan rasa sakit serta rasa tidak nyaman. Batang tanaman patah tulang dapat digunakan untuk mengobati kutil, dengan cara potes batang patah tulang, sehingga keluar getahnya. Lalu oleskan getah tersebut pada kutil yang akan diobati.

Menghilangkan tahi lalat
Tanaman patah tulang juga dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang terus membesar dan menimbulkan gejala gatal. Sesudah digosok dengan jeruk nipis, getah tanaman patah tulang dapat dioleskan pada tahi lalat dan dilakukan secara teratur sebanyak beberapa kali dalah sehari hingga tahi lalat bisa mengering.

Mengurangi nyeri persendian
Tanaman patah tulang juga dapat digunakan untuk mengobati nyeri pada persendian yang biasanya dialami oleh penderita reumatik. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan membalurkan getah tanaman pada area persendian yang sakit.

Menyembuhkan penyakit kulit
Getah dari tanaman patah tulang memiliki sifat anti jamur, anti kuman, dan juga anti mikroba yang sangat baik digunakan untuk berbagai jenis penyakit kulit seperti kadas, kurap, panu, dll sekaligus mencegah penularan penyakit kulit baik dari keringat maupun air.

Mempercepat penyembuhan luka
Tanaman patah tulang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan antibakteri pada getah tanaman ini akan menghentikan pendarahan sekaligus mencegah infeksi pada luka terbuka secara cepat.

Mengatasi tumor
Tidak hanya bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan, tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengatasi tumor. Campur 1 tetes getah tanaman patah tulang dengan air dan gunakan campuran ini untuk membalur area tumor dan lakukan secara teratur.

Mengatasi tertancap duri

Apabila anda mengalami tertancap duri, tertancap serpihan kayu, atau serpihan kaca, anda dapat menggunakan tanaman patah tulang untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan meneteskan getah tanaman patah tulang pada area kulit yang terkena dan biarkan hingga mengering, kemudian cabut benda yang menancap di kulit anda.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search