Sunday, January 13, 2019

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh


Siapa sih yang tidak kenal dengan buah yang satu ini ? Buah mangga merupakan buah yang sangat familiar di lidah orang Indonesia. Rasanya yang manis dan segar tentunya membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan. Selain rasanya yang enak, ternyata buah mangga juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan manusia diantaranya :


Mencegah penyakit kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker kolon, payudara, leukimia, dan prostat. Senyawa - senyawa yang terkandung didalam buah mangga diantaranya adalah quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam gallic, dan methylgallat.

Meningkatkan system kekebalan tubuh
Buah mangga merupakan buah yang kaya akan beta karoten yaitu salah satu karotenoid yang sangat kuat. Beta karoten dapat membantu meningkatkan system kekebalan tubuh dan membuatnya tahan terhadap bakteri dan racun. Kelebihan beta karoten akan ditransformasikan menjadi vitamin A yang juga merupakan antioksidan.

Menjaga kesehatan tulang
Buah mangga mengandung vitamin K yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Kekurangan vitamin K dapat dikaitkan dengan meningkatnya risiko terjadinya kasus patah tulang. Vitamin K juga penting untuk penyerapan kalsium yang tepat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kalsium merupakan nutrisi utama bagi tulang kita.

Menjaga kesehatan mata
Salah satu antioksidan penting yang terkandung didalam buah mangga adalah antioksidan zeaxanthin. Antioksidan zeaxanthin ini berfungsi untuk menyaring sinar biru yang berbahaya bagi kesehatan mata. Antioksidan zeaxanthin juga melindungi mata dari degnerasi macula yang terkait dengan usia. Degenerasi macula ini dapat merusak macula yang pada dasarnya adalah bagian mata yang berfungsi untuk memberikan penglihatan yang tajam dan jelas. Buah mangga juga mengandung vitamin A yang dikenal sebagai vitamin penting bagi kesehatan mata.

Mengendalikan tekanan darah
Buah mangga mengandung magnesium dan kalium yang dapat secara efektif mengendalikan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut dengan silent killer karena seringkali tidak memiliki tanda - tanda yang jelas.

Menghindari penyakit asma
Buah mangga kaya akan beta karoten yang dapat bertindak sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati asma. Seperti yang kita ketahui bahwa asma terjadi karena peradangan pada saluran pernafasan yang mengakibatkan penyempitan sementara pada saluran pernafasan yang mengangkut udara dari hidung atau mulut ke paru - paru sehingga menyebabkan kesulitan bernafas, batuk, sesak dada, bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Menjaga kesehatan jantung
Buah mangga mengandung pectin yang tinggi dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah secara alami. Selain itu, buah mangga juga mengandung sodium, potassium, dan vitamin B yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Mengatasi dan meringankan sembelit
Sebuah mangga mengandung 40% serat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Serat dapat merangsang aktivitas saluran usus secara normal dalam mengeluarkan kotoran sehingga dapat membantu memperlancar saluran pencernaan dan dapat bertindak sebagai obat alami untuk sembelit.

Meningkatkan kesehatan otak

Buah mangga mengandung vitamin B6 dan vitamin B lainnya sangat penting untuk menjaga kesehatan neutrotransmiter otak dan juga membantu dalam mendukung suasana hati yang sehat dan pola tidur yang sehat.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search