Friday, February 15, 2019

Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Cara Mengatasi Gigi Sensitif


Pernahkah anda mengalami rasa ngilu saat menyantap makanan manis atau saat meneguk minuman dingin ? Bisa jadi anda mengalami gigi sensitif. Gigi sensitif adalah rasa nyeri dan ngilu yang terasa pada gigi dan gusi setiap anda melakukan aktivitas tertentu. Jika anda mengalami gigi sensitif, berbagai aktivitas sehari - hari seperti menyikat gigi, makan makanan yang manis, atau minum minuman dingin dapat menimbulkan rasa ngilu pada gigi anda.  Gigi sensitif terjadi akibat enamel gigi yang terkikis atau akar gigi yang terekspos. Kadang, rasa tidak nyaman pada gigi juga dapat disebabkan oleh faktor lain, seperti lubang, gigi yang retak, tambalan gigi atau efek samping dari prosedur pemutihan gigi.

Sensitivitas gigi memiliki beberapa gejala, termasuk rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada mulut yang muncul saat gigi anda terpapar makanan yang manis atau asam, atau suhu yang panas atau dingin. Kesalahpahaman yang umum terjadi adalah gigi sensitif menjadi nyeri hanya saat anda mengkonsumsi makanan panas, dingin, manis, atau asam. Namun, apabila gigi anda sensitif terhadap dingin, rasa tidak nyaman dapat terjadi saat udara dingin terhirup, selain aktivitas lain seperti minum minuman dingin.

Sensitivitas pada gigi juga rentan terhadap tekanan atau sentuhan, dimana beberapa orang dapat merasa sakit saat menyikat gigi atau membersihkan dengan benang gigi. Penting untuk diingat bahwa dalam beberapa kasus, gigi sensitif disebabkan dan disertai oleh gusi yang menurun. 


Kabar baiknya, ada banyak cara untuk mengendalikan gigi sensitif, yaitu :


1. Sikat gigi dan menggunakan benang gigi secara rutin

Gunakan teknik sikat gigi dan benang gigi dengan tepat untuk membersihkan seluruh bagian gigi dan mulut anda.

2. Gunakan sikat gigi dengan bulu halus

Sikat dengan lembut dan hati - hati disekitar garis gusi sehingga anda tidak mengganggu jaringan gusi.

3. Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif

Penggunaan rutin akan mengurangi sensitivitas pada gigi. Anda mungkin perlu mencoba beebrapa merek untuk menemukan produk yang paling tepat untuk anda.

4. Awasi makanan anda

Hindari makanan dan minuman dengan kadar asam yang tinggi.

5. Gunakan produk dental dengan fluoride

Menggunakan obat kumur fluoride setiap hari dapat mengurangi sensitivitas

Untuk mencegah gigi sensitif, anda harus menyikat gigi sebelum tidur pada malam hari dan setidaknya 1 kali sehari, dengan pasta gigi fluoride. Pilihlah pasta gigi yang diciptakan khusus untuk gigi sensitif. Lakukan gerakan kecil dan memutar dengan sikat gigi berbulu halus hingga sedang. Hindari menyikat gigi secara menyamping.
  • Ganti sikat gigi setiap 2-3 bulan, atau lebih cepat apabila sudah berubah bentuk.
  • Kurangi asupan makanan manis serta minuman bersoda dan asam.
  • Kunjungi dokter gigi secara rutin minimal  bulan sekali, sesuai rekomendasi.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search