Friday, February 15, 2019

Cara Tepat Menaikkan Kadar Gula Darah Yang Drop

Cara Tepat Menaikkan Kadar Gula Darah Yang Drop


Sebagian orang mungkin pernah mengalami kepanikan ketika salah satu anggota keluarganya mengalami colaps atau drop. Setelah dicek oleh dokter, diketahui bahwa kadar gula darahnya sangat rendah dan jika tidak segera dibawa kerumah sakit, maka nyawa orang tersebut terancam. Kondisi rendahnya kadar gula dalam darah dalam istilah medis disebut hipoglikemia. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara untuk menaikkan kadar gula dalam darah bagi penderita hipoglikemia.

Kondisi tubuh yang mengalami gula darah rendah atau dalam bahasa medis disebut hipoglikemia adalah kondisi dimana kuantitas gula darah dalam tubuh seseorang kurang dari kuantitas normal. Kadar kuantitas gula darah normal antara satu orang dengan orang lainnya dapat berbeda - beda. Gula darah seseorang dapat dikatakan drop jika terbaca kurang dari 70 miligram per desiliter. Proses turunnya gula darah dapat berlangsung sangat cepat yaitu dalam hitungan 10 - 15 menit.

Gejala yang ditimbulkan akibat gula darah rendah diantaranya kecemasan, gemetar, kelelahan, lemah, berkeringat, serta detak jantung yang lebih cepat. Jika gula darah turun sampai 50 mg/dl atau 40 mg/dl maka gejala lain dapat terjadi seperti mengalami perubahan perilaku misalnya bingung, gelisah, pusing, sulit bebricara, serta lemah. Gula darah seseorang dapat turun hingga 20 mg/ml dan jika tetap dibiarkan atau tidak segera ditangani, maka gejala yang timbul berupa hilang kesadaran dan kejang, bahkan dapat berakibat pada kematian.

Ada beberapa penyebab gula darah dalam tubuh rendah, diantaranya :


1. Lupa makan
Terlalu sering lupa makan membuat asupan makanan yang masuk kedalam tubuh menjadi sedikit dan tubuh tidak mendapatkan asupan gula darah yang cukup dari makanan.

2. Aktivitas fisik yang berat
Penyebab kedua dapat terjadi karena melakukan hal - hal atau aktivitas fisik yang berat tanpa diimbangi dengan asupan makanan yang dapat menggantikan tenaga yang dikeluarkan sehingga tubuh akan menghabiskan banyak gula darah tanpa ada penggantinya.

3. Konsumsi obat berlebih
Penyebab ketiga adalah berlebihan dalam mengkonsumsi obat diabetes oral maupun insulin sehingga kadar gula darah dalam tubuh meningkat.

4. Konsumsi alkohol
Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan penurunan kadar gula dalam darah.

Beberapa cara untuk meningkatkan kadar gula dalam darah

Sebagian orang mungkin menderita kadar gula darah tinggi, tetapi sebagian lagi menderita kadar gula darah rendah. Hal ini disebut hipoglikemia. Gejala dari hipoglikemia diantaranya lemas, berkeringat, sakit kepala, mual, dan detak jantung meningkat. Berikut ini merupakan beebrapa cara untuk mengatasi kadar gula darah yang rendah, yaitu :

1. Madu
Madu dapat memberikan suntukan glukosa dengan cepat dan mudah dicerna serta diresap oleh darah. Ambil satu sendok makan madu ketika anda merasa lemas dan kadar gula dalam darah anda menurun.

2. Gula atau permen
Gula atau permen dapat menyediakan pasokan glukosa yang cepat untuk tubuh. Ini bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kadar gula darah karena mudah dicerna.

3. Makan setiap beberapa jam
Cara ini dapat mencegah penurunan kadar gula dalam darah yang terjadi secara tiba - tiba. Makan dengan interval waktu yang lebih singkat dapat membantu anda menjaga tingkat gula darah.

4. Hindari pemanis buatan

Pemanis buatan tidakmengandung kalori, dan itu tidak bisa memberikan kontribusi pada tingkat gula dalam darah.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search