Friday, February 15, 2019

Cepat Marah Karena Darah Tinggi ? Benarkah ?

Cepat Marah Karena Darah Tinggi ? Benarkah ?


Beberapa mitos beredar di masyarakat berkaitan dengan penyakit darah tinggi atau hipertensi. Salah satu mitos yang popular adalah mengenai hubungan orang yang sering marah - marah dengan penyakit hipertensi. Dalam masyarakat awam, beredar mitos bahwa orang yang sering marah - marah sudah pasti mengidap penyakit hipertensi. Benarkah itu ? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai mitos tentang hubungan penyakit hipertensi dengan cepat marahnya seseorang, serta penjelasan dari sudut pandang medis.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan gangguan kesehatan yang tidak dapat disembuhkan namun dapat dikendalikan. Mungkin, ketika anda sedang marah atau kesal, Orang - orang disekitar anda bertanya kepada anda, apakah tekanan darah tinggi anda sedang kambuh saat itu. Sebenarnya, anggapan banyak orang tentang hal ini tidak sepenuhnya kalah. Ternyata memang, tekanan darah tinggi atau hipertensi berhubungan dengan perubahan suasana hati anda, membuat anda lebih mudah marah daripada sebelumnya.

Para ahli belum mengetahui secara pasti apa penyebab dibalik suasana hati yang mudah berubah pada orang yang mengidap hipertensi. Namun, ada beberapa teori yang disebutkan, yaitu :


1. Tidak bisa mengendalikan stress dengan baik

Meskipun hal ini belum dipastikan mengenai mengapa orang dengan tekanan darah tinggi mudah marah, tetapi para ahli menyatakan bahwa orang dengan tekanan darah yang tinggi cenderung tidak dapat mengendalikan rangsangan stress dengan baik. Hal ini membuat otak mengeluarkan amarah sebagai responnya.

2. Pengaruh obat hipertensi

Penderita hipertensi biasanya akan mendapatkan obat yang ditujukan untuk membantu agar tekanan darah tetap normal. Dalam beberapa riset memang disebutkan bahwa obat yang dikonsumsi oleh penderita hipertensi akan menimbulkan efek samping pada mood. Hal ini dibenarka oleh penelitian yang diterbitkan dalam hypertension journal report.

Penelitian ini menyebutkan bahwa obat - obat tersebut dapat mengganggu kerja otak dalam mengelola stress dan emosi. Dalam riset ini diketahui bahwa obat - obatan yang dapat menimbulkan perubahan mood pada penderita hipertensi adalah :

·     Obat beta blocker dan calcium antagonist, obat ini digunakan untuk menghindari kerusakan fungsi jantung yang biasanya terjadi pada penderita hipertensi.

·     Obat diuretic khususnya thiazide yang digunakan untuk mencegah penumpukan cairan pada orang dengan hipertensi.

Tidak semua orang yang tekanan darahnya naik menjadi mudah marah dan memiliki emosi yang tidak stabil. Hal ini sebenarnya tergantung dengan bagaimana anda mengelola emosi dan stress. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengendalikan amarah, yaitu :


1. Lupakan kemarahan setelah menenangkan diri

Ketika anda ingin marah, cobalah untuk meredamnya. Anda dapat melakukan penenangan diri dengan pergi ketempat sepi, sunyi, dan banyak pepohonan karena pepohonan di ketahui dapat meredam stress.

2. Berfikir dahulu sebelum berbicara

Ketika dalam keadaan marah, sering kali kita mengatakan semua hal yang ada di otak kita. Tetapi, hal yang terucap justru hal - hal yang membuat orang yang kita marahi menjadi sakit hati bahkan menyimpan dendam sehingga dapat mengancam jiwa anda juga, jika yang anda marahi adalah seorang psikopat. Cara terbaik untuk meredamnya adalah dengan cara berfikir dahulu sebelum berbicara, dan jika tidak dapat berbicara dengan baik, lebih baik diam.

3. Latih diri anda untuk relaksasi


Relaksasi dapat membantu anda mengendalikan diri dari amarah. Mulai sekarang, cobalah mulai berlatih relaksasi dan menenangkan diri.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search