Friday, February 15, 2019

Cara Mengatasi Lecet Pada Ketiak dan Selangkangan

Cara Mengatasi Lecet Pada Ketiak dan Selangkangan


Pernahkah anda mengalami rasa perih pada ketiak atau selangkangan ? Rasa perih tersebut biasanya disebabkan karena adanya luka lecet yang terjadi pada area tersebut. Luka lecet tidak hanya terasa perih dan menyakitkan, tetapi juga dapat mengganggu penampilan apabila terjadi pada area yang mudah terlihat. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara mengobati luka lecet yang terjadi pada ketiak dan selangkangan.

Kulit merupakan organ terbesar tubuh manusia. Kulit memiliki peranan penting untuk melindungi tubuh anda dari zat - zat yang berasal dari lingkungan sekitar seperti kuman, bakteri, panas, bahaya fisik, dan lain - lain. Namun, ketika kulit mengalami gesekan terus - menerus, atau anda terjatuh dan kulit tergesek oleh aspal atau benda keras lainnya, kulit bisa tergores, iritasi, dan akhirnya menjadi lecet.

Ketiak dan selangkangan adalah salah satu bagian kulit yang paling mudah mengalami ruam dan terititasi. Ruam iritasi inilah yang kemudian menyebabkan ketiak dan selangkangan terasa gatal dan perih. Keparahan luka lecet bisa berbeda untuk setiap orang, tergantung apakah kulit anda tebal atau tipis. Luka lecet bisa terjadi di bagian kulit mana saja yang mengalami gesekan, tetapi ada beberapa area yang paling sering mengalami luka lecet, yaitu paha, ketiak, selangkangan, dan putting susu.

Lecet berawal dari iritasi kecil yang terjadi pada kulit dan pada akhirnya berkembang menjadi goresan. Goresan akan bertambah besar dan dalam, dan masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Lapisan kulit ini terbentuk atas jaringan hidup, kapiler, ujung saraf, dan lain - lain. Jika lapisan ini rusak, maka kulit anda akan merasakan sakit. Penyebab umum luka lecet di kulit adalah :
  • Bersepeda dan lari. Kedua jenis olahraga ini dapat menyebabkan lecet diselangkangan karena gesekan antara kulit yang lembab berkeringat dan pakaian akibat gerak yang berulang.
  • Obesitas.
  • Menyusui dapat menyebabkan lecet pada putting.
  • Penggunaan popok.
  • Memakai pakaian yang terlalu ketat ketika udara dan cuaca sedang panas dan lembab.

Luka lecet bisa makin memburuk dan mengganggu jika tidak segera diobati. Bersihkan area kulit yang lecet menggunakan air dengan lembut, lalu keringkan secara menyeluruh. Setelah area tersebut dibersihkan, oleskan petroleum jelly. Jika area yang lecet sakit, bengkak, berkerak, atau berdarah, mintalah dokter untuk meresepkan obat salep. Jaga agar kulit yang luka tidak tersentuh dan berikan waktu untuk kulit sembuh sebelum aktif kembali. Gesekan terus menerus hanya akan membuat kondisi menjadi lebih buruk dan dapat menyebabkan infeksi.

Cara Merawat Luka Lecet Pada Kulit

Hindari aktivitas dan jenis pakaian yang dapat menyebabkan gesekan pada kulit anda. Juka kulit anda sudah terlanjur mengalami lecet, anda dapat melakukan beberapa hal berikut :
  • Hindari hal - hal yang dapat menyebabkan lecet menjadi lebih parah.
  • Oleskan pelembab.
  • Oleskan kortikosteroid topikal jika diresepkan oleh dokter.


Saat kulit anda dalam masa penyembuhan, sebaiknya :

  • Jangan gunakan iodine atau hydrogen peroksida sebagai obat luka lecet untuk membersihkan kulit. Gunakan air dan sabun saja.
  • Jangan andi menggunakan air yang terlalu panas dan sabun yang mengandung banyak bahan kimia.
  • Jangan mengeringkan kulit dengan menggesekkan handuk.
  • Kompres kulit dengan air es untuk mengurangi rasa sakit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search