Friday, February 15, 2019

Kenali Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip Dan Cara Mengobatinya

Kenali Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip Dan Cara Mengobatinya


Pernahkah anda mengalami rasa sakit pada mata yang terjadi saat anda berkedip ? Mata sakit saat berkedip bisa berasal dari berbagai penyebab yang berbeda. Beberapa diantaranya membutuhkan penanganan medis. Mata sakit saat berkedip bisa terjadi diseluruh mata atau di area tertentu, seperti di sudut mata atau kelopak mata. Mata sakit bisa terjadi karena debu atau kotoran yang masuk ke permukaan mata sehingga menyebabkan mata sakit saat berkedip. Namun hal ini juga dapat disebabkan oleh luka atau kondisi medis. Beberapa penyebab mata sakit saat berkedip diantaranya adalah :

1. Cedera
Pada dasarnya, mata relative aman dari kerusakan. Akan tetapi, trauma akut dan debu bisa melukai mata dan rongga mata yang pada akhirnya menyebabkan mata sakit saat berkedip. Goresan ke permukaan mata (kornea) adalah jenis cedera umum yang dapat dengan mudah terjadi saat mengosok atau  menyentuh mata. Hal ini juga memungkinkan mata untuk mempertahankan luka bakar dari sengatan ultraviolet atau kontak dengan zat tertentu. Ada 3 jenis luka bakar kimiawi, yaitu :
  • Bahaya alkali : ini adalah jenis luka bakar yang paling parah dan seringkali disebabkan oleh produk pembersih yang mengandung ammonia, soda kaustik, atau kapur.
  • Luka bakar asam : Ini tidak seberat luka bakar alkali dan bisa disebabkan oleh cuka atau beberapa jenis cat yang mengandung asam fluoride.
  • Iritasi : kondisi ini jarang merusak mata, tapi bisa menimbulkan sakit mata. Iritasi bisa disebabkan oleh deterjen atau merica.

2. Konjungtivitis
Konjungtivitis mengacu pada pembengkakan selaput bening yang menutupi mata dan bagian bawah kelopak mata. Pembuluh darah bisa menjadi bengkak, membuat mata sakit dan bagian putih mata. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi atau alergi, seperti demam atau alergi hewan peliharaan. Konjingtivitis juga bisa disebabkan oleh inveksi menular.

3. Bintil mata
Stye atau bintil mata adalah saat folikel bulu mata atau kelenjar minyak di kelopak mata menjadi terinfeksi. Hal itu menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata, yang bisa menyebabkan mata sakit saat berkedip. Sementara itu, bintil mata sendiri tidak menular pada orang lain, hanya bakteri yang menyebabkannya bisa ditularkan ke orang lain.

4. Neuritis optic
Neuritis optic terjadi ketika saraf optic menjadi meradang, mengganggu transmisi informasi visual antara mata dengan otak. Peradangan ini dapat menyebabkan rasa sakit saat mata atau kelopak mata bergerak. Hal ini juga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan sementara dan kesulitan melihat warna dengan benar.

5. Keratitis
Keratitis mengacu pada infeksi kornea yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi ini dapat menyebabkan nyeri, mata terasa berpasir, dan kepekaan terhadap cahaya.

Cara Mengobati Rasa Sakit Pada Mata

Perawatan untuk sakit mata termasuk dalam tiga kategori utama, yaitu obat yang diresepkan, produk yang dijual bebas, dan pengobatan rumahan. Obat - obatan berikut ini dapat diresepkan untuk mengobati gejala atau penyebab yang mendasarinya, yaitu :
  • Antibiotik, untuk mengobati infeksi yang mendasarinya.
  • Obat tetes mata.
  • Obat alergi.
  • Pastikan anda tidak tergantung pada obat - obatan tersebut untuk mengatasi sakit mata yang anda alami. Bila mata yang mengalami sakit tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter anda.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search