Friday, February 15, 2019

Tips Mengatasi Mual Di Pagi Hari

Tips Mengatasi Mual Di Pagi Hari


Pernahkah anda mengalami rasa mual pada pagi hari, ketika hendak atau setelah sarapan ? Jika hal ini terjadi pada wanita, maka ada 2 kemungkinan yaitu sedang hamil muda atau kemungkinan yang kedua, wanita tersebut memiliki sakit maag. Namun, jika mual pada pagi hari ini dialami oleh pria, maka kemungkinannya adalah pria tersebut memiliki gangguan para perutnya. Pada kesempatan kali akan dibahas mengenai penyebab mual di pagi hari, dan cara mengatasinya.

Anda mungkin pernah terbangun dengan perasaan mual dan tidak nyaman di perut. Mual yang terjadi di pagi hari memang lebih sering dianggap sebagai salah satu tanda hamil, atau disebut juga morning sickness. Namun, penting diketahui bahwa mual di pagi hari tidak selalu berarti anda sedang hamil.

Ada beberapa hal yang menyebabkan anda mengalami mual di pagi hari, yaitu :


1. Kurang tidur

Jika anda terbangun dengan rasa mual di pagi hari, mungkin anda sedang kelelahan karena mengalami kurang tidur. Bisa jadi karena efek jet lag, insomnia, atau mengalami tidur yang tidak nyenyak semalaman. Kurang tidur membuat hormone neuroendokrin didalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal inilah yang memicu rasa mual saat bangun tidur.

2. Salah makan

Jenis makanan yang anda santap sebelum tidur dapat menjadi penyebab mual di pagi hari. Mungkin saja makanan tersebut telah terkontaminasi bakteri salmonella sehingga memicu gejala keracunan makanan, misalnya mual, muntah, sakit perut, hingga diare. Terbangun dengan rasa lapar juga bisa menyebabkan mual karena kadar gula anda rendah. Itulah mengapa, jangan pernah lewatkan sarapan pagi supaya tubuh tetap sehat dan bugar.

3. Asam lambung naik

Bila anda terakhir menyantap makanan jam 7 malam dan tidak sempat sarapan keesokan harinya, maka tak heran jika anda mengalami mual di pagi hari. Telat makan menyebabkan asam lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Jika anda tidak segera mengisi perut dengan makanan, asam lambung yang naik akan terus melukai lapisan tenggorokan dan memicu mual.

4. Mabuk

Jika anda minum banyak alkohol semalam atau bahkan sampai mabuk, maka tak heran jika anda merasa mual di pagi hari. Mabuk alkohol menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan kadar gula darah menurun drastis. Itulah sebabnya kepala anda terasa sakit, mual, hingga muntah.

5. Cemas

Salah satu hal yang dapat menyebabkan anda merasa mual dipagi hari salah satunya adalah karena perasaan cemas. Lupakan emosi seperti stress, gugup, atau kecemasan karena hal tersebut dapat menyebabkan enzim yang terdapat didalam perut menjadi kacau. Otot perut anda akan berkontraksi secara berlebihan dan memicu rasa mual atau bahkan sampai muntah.


Cara Mengatasi Mual Di Pagi Hari

Untuk menghilangkan dan mengatasi rasa mual, ada beberapa cara yang dapat anda coba untuk dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk dapat mengatasi rasa mual, yaitu :

1. Mengkonsumsi makanan dan minuman jahe

Jahe memiliki khasiat yang telah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi mual, sakit perut, dan diare. Belum jelas bagaimana cara kerja jahe dalam mengatasi rasa mual. Namun, ditemukan adanya zat adiktif didalam kandungan jahe yang bisa memengaruhi system saraf pencernaan dan system saraf pusat.

2. Minum teh kamomil

Teh kamomil adala salah satu teh herbal yang paling popular di dunia. Secara tradisional, kamomil dinilai sebagai obat untuk mengatasi rasa mual, mabuk perjalanan, dan diare. The yang terbuat dari bunga ini dapat membantu menghilangkan gas, menenangkan perut, dan merelaksasi otot - otot yang memindahkan makanan melalui usus.

3. Minum atau menghirup bau lemon

Lemon dengan wanginya yang khas dan cukup tajam bisa menjadi salah satu cara mengatasi mual bagi anda yang tidak minum obat. Dalam sebuah penelitian, Sekelompok wanita hamil diinstruksikan untuk menghirup minyak esensial lemon dan minyak almond saat mereka merasa mual. Hasilnya ditemukan, bahwa lemon dapat membuat rasa mual mereka berkurang, dan hilang setelah di hirup. Anda bisa mengiris atau mengusap - usap kulitnya untuk mengeluarkan bau lemon.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search