Sunday, February 10, 2019

Cara tepat menghindari penyakit HIV

Cara tepat menghindari penyakit HIV



Akhir-akhir ini ramai sekali perbincangan soal HIV. Di tempat tinggal saya ada salah satu yang meninggal akibat HIV. Lalu, apa, sih, HIV itu? Bagaimana penyebaran virusnya dan cara menghindarinya? Karena penyakit ini sangat berbahaya dan belum ada obat yang bisa menyembuhkannya. Merupakan salah satu penyakit yang mematikan.

Sebelum membahas lebih detail, sebaiknya kita perlu tahu apa itu HIV. HIV merupakan virus imunodifisiensi manusia yang dapat menimbulkan penyakit AIDS. Virus tersebut menyerang manusia terutama sistem kekebalan tubuhnya, sehingga menjadi lemah untuk melawan infeksi. Karena itu penderita HIV lebih mudah terserang penyakit. Biasanya pengidap HIV mampu bertahan hidup selama 11 tahun tanpa pengobatan. Namun, semua itu tergantung tipenya.

Lalu, apa bedanya antara HIV dan AIDS?
HIV adalah virus. AIDS ini penyakit yang disebabkan virus HIV.
AIDS ini merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Merupakan tahap akhir dari infeksi HIV jangka panjang, atau bisa disebut sebagai penyakit kronis yang disebabkan oleh virus HIV.

Tidak semua yang terjangkit virus HIV bisa terkena AIDS, tapi yang terdiagnosa AIDS pasti memiliki virus HIV. Karena itu jika terinfeksi virus HIV tidak akan pernah bisa hilang sampai kapan pun. HIV ini adalah virus, karena itulah bisa menular pada orang lain seperti virus penyakit lainnya. HIV pun tidak selalu menimbulkan gejala, jadi akan sulit diketahui apakah seseorang itu menderita HIV. Jika ingin mengetahui, maka harus melakukan tes laboratorium.

Apa sebenarnya penyebab seseorang bisa terjangkit virus HIV?


·      Virus ini ditularkan melalui pertukaran cairan tubuh melalui air mani atau cairan vagina dari seks tanpa kondom.
  • Memakai jarum tindik dan peralatan lain untuk menyuntik obat secara bersama
  • Tindik atau tattoo yang tidak steril
  • Ibu dan anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.
  • Transfusi darah di beberapa negara lain yang berbahaya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan HIV tidak menular, antara lain batuk, bersin, meludah, berciuman, menangis, alat-alat makan, seprei, bantal, toilet, melalui kontak sosial biasa, dan serangga.

Kemudian, bagaimana caranya agar terhindar dari virus HIV?


1. Pelajari bagaimana virus HIV itu menyebar
Yang perlu diketahui pertama kali adalah mengerti cara penularan virus HIV, sehingga kita bisa tahu cara menjaga diri agar terhindar dari infeksi HIV tersebut. Jangan salah berpendapat jika orang yang tidak mengalami gejala HIV ini aman dari virus. Sebab, HIV terkadang tidak menimbulkan gejala.

2. Hindarilah alkohol dan obat-obatan terlarang lainnya
Obat-obatan terlarang ini memicu terkena infeksi HIV lebih tinggi. Karena itu sebaiknya hindari. Pun bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

3. Lakukan hubungan seks yang aman
Gunakanlah kondom, jika ingin melakukan hubungan seks dengan seseorang yang mengidap HIV. Juga harus melakukan pemeriksaan secara rutin. Yang paling penting adalah jangan gonta ganti pasangan dengan yang tidak halal.

4. Jangan pernah berbagi jarum suntik dengan orang lain. Gunakan juga jarum yang baru dan steril.

5. Jangan menyentuh cairan atau darah orang lain.
Karena cairan tersebut bisa jadi menyebarkan virus, seperti Air mani dan cairan praejakulasi, cairan vagina, mukus rektum (pelumas alami anus), ASI, cairan ketuban, cairan cerebrospindal, dan cairan synovial (khusus untuk yang bekerja di bidang medis).

6. Jangan lupa melakukan pemeriksaan medis ketika hamil.
Ketika sedang hamil seluruh wanita diharuskan melakukan tes darah untuk mengecek apakah terkena HIV atau tidak. Karena jika tidak diatasi maka bayi akan terkena virus HIV juga. Terapi HIV selama hamil bisa mengurangi tertularnya HIV pada bayi.

Virus HIV ini sangat berbahaya dan mematikan, belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkannya. Oleh sebab itu kita benar-benar harus berhati-hati, karena terkadang orang yang mengidap HIV dengan sengaja menularkannya pada kita secara diam-diam.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search