Friday, February 22, 2019

Kenali Gejala Gangguan Kepribadian Ambang

Kenali Gejala Gangguan Kepribadian Ambang


Sebagian orang mungkin pernah merasa bahwa hidupnya hampa dan tidak berguna. Dia merasa tidak beruntung dan merasa terlahir dengan cacat. Alhasil dia menjadi mudah marah sampai melakukan kekerasan baik terhadap dirinya maupun orang disekitarnya. Orang tersebut munkin mengalami gangguan kepribadian ambang. Apa itu gangguan kepribadian ambang ? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai gangguan kepribadian ambang dan cara menghilangkan gangguan tersebut.

Borderline Personality Disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang adalah sejenis gangguan kepribadian tetapi tidak hanya sebatas gejala penyakit mental saja. Penyakit ini merupakan gangguan emosional yang menyebabkan ketidakstabilan emosi dan mengakibatkan stress serta masalah lainnya. Pasien akan merasa bahwa perasaan mereka menyimpang yang membuat mereka berpikir bahwa dirinya tidak berharga dan juga cacat. Siapapun dapat terkena gangguan ini, terutama para atlet. Penyakit ini dapat terjadi pada jenjang usia berapapun.

Jika anda memiliki setidaknya 5 dari gejala dibawah ini, kemungkinan anda mengalami gangguan kepribadian ambang. Gejala - gejalanya yaitu :

  • Ketidakstabilan kesadaran pribadi yang berkepanjangan.
  • Berlaku impulsive.
  • Keinginan bunuh diri atau melukai diri sendiri.
  • Suasana hati yang tidak menentu.
  • Merasa hampa yang berlangsung terus menerus.
  • Marah yang tidak terkendali atau bahkan melakukan kekerasan terhadap dirinya sendiri maupun orang lain sebagai reaksi dari rasa marah yang dialaminya.
  • Mengalami ketakutan yang amat sangat atau paranoid.

Sampai saat ini para ahli belum dapat menentukan penyebab pasti dari gangguan kepribadian ini. Namun para ahli meyakini bahwa faktor genetic, psikologis dan social seperti riwayat pelecehan atau penyiksaan yang dialami semaca kecil memiliki keterkaitan dengan terjadinya gangguan kepribadian ini. Selain itu, penyakit ini umumnya juga akan semakin memburuk jika disertai dengan gangguan neurologis lain seperti depresi, rasa cemas, penggunaan narkoba, dan juga suasana hati yang terganggu.

Orang - orang yang mengalami tindakan kekerasan, pelecehan, atau anak - anak yang diabaikan seringkali lebih mudah terkena gangguan kepribadian ini dari pada orang - orang umumnya. Pengobatan gangguan kepribadian ambang meliputi terapi psikologis yang digabung dengan terapi perilaku kognitif. Psikoterapi juga dapat dilakukan oleh psikiater. Tujuan pengobatan ialah untuk menurunkan gejala dan perubaahan perilaku serta mempererat hubungan dengan keluarga, teman, dan kolega pasien.

Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi gangguan kepribadian ambang adalah :

  • Pahami bahwa gangguan kepribadian ini dapat menyebabkan masalah serius dalam hubungan kekeluargaan juga dengan orang sekitar.
  • Pahami bahwa penyakit ini bukanlah skizofrenia, tetapi kemungkinan anda mengalami depresi berat.
  • Sadari adanya peluang munculnya keinginan untuk bunuh diri sehingga perlu mendapatkan pantauan serius.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search