Friday, February 22, 2019

Mengenal Fenomena Raynaud

Mengenal Fenomena Raynaud


Pernahkan anda melihat seseorang yang jari - jari tangan atau jari - jari kakinya mengalami kehilangan pigmen warna sehingga berwarna putih atau kebiruan ? Bisa jadi orang tersebut mengalami fenomena raynaud. Lalu, apa itu fenomena raynaud ? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai fenomena raynaud dan cara mengatasinya.

Fenomena raynaud adalah suatu kondisi yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jari - jari tangan, jari kaki, telinga, dan ujung hidung. Kondisi ini biasanya terjadi karena paparan suhu dingin. Kulit mulanya menjadi putih kemudian biru, ungu, atau merah. Kondisi ini dapat berlangsung dari beberapa menit sampai beberapa jam. Tanpa pengobatan, luka atau borok dapat berkembang. Dengan aliran darah yang rendah, untuk waktu yang lama, kulit didaerah yang terkena bisa mengalami kerusakan secara permanen.

Fenomena raynaud terjadi pada semua usia, namun sebagian besar pasien dengan fenomena raynaud adalah perempuan dengan usia 20 sampai 40 tahun. Penyakit ini biasanya terjadi didaerah beriklim dingin. 

Gejala dari fenomena raynaud meliputi :

  • Jari - jari kehilangan warna (menjadi putih kemudian biru dan ungu atau merah).
  • Nyeri, kesemutan, dan mati rasa dapat terjadi ketika daerah yang terjangkit menjadi putih.
  • Beberapa orang memiliki pembengkakan, kehangatan, atau berdenyut ketika daerah yang terkena berubah ungu atau merah.
  • Kaki, hidung, dan telinga juga bisa terpengaruh.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang mengalami fenomena raynaud diantaranya adalah :

  • Riwayat keluarga. Raynaud primer dapat terjadi pada anggota keluarga yang sama.
  • Penyakit yang terkait. Ini termasuk kondisi seperti scleroderma dan lupus.
  • Pekerjaan tertentu. Orang - orang yang pekerjaannya menyebabkan trauma berulang, seperti alat - alat yang bergetar, mungkin lebih rentan terhadap raynaud sekunder.

Cara terbaik untuk mengelola fenomena ini adalah dengan menggunakan kondisi terapi dan pencegahan. Secara khusus, anda harus :

  • Jagalah tubuh anda tetap hangat terutama tangan, kaki, telinga, dan hidung.
  • Jika stress emosional tampaknya menyebabkan terjadinya fenomena raynaud, lakukan relaksasi dan biofeedback yang dapat membantu meredakan stress.
  • Orang - orang yang bekerja diluar atau memiliki pekerjaan mengekspos tubuh untuk suhu dingin harus mencoba untuk merubah lingkungan pekerjaannya atau mencari pekerjaan lain. 



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search