Friday, February 22, 2019

Mengenal Penyakit Akrosianosis

Mengenal Penyakit Akrosianosis


Pernahkah anda mendengar atau mengetahui penyakit akrosianosis ? Mungkin penyakit ini masih jarang terdengar di telinga kita sebagai orang awam. Akrosianosis adalah gangguan yang memengaruhi arteri penyuplai darah ke kulit tangan dan kaki. Arteri kecil ini membawa oksigen dan nutrisi dari darah. Pada penderita akrosianosis, ada kejang di arteri yang menyumbat aliran darah ke kulit, sehingga kulit kekurangan oksigen dan berubah warna menjadi biru atau ungu. Akrosianosis adalah kondisi yang ringan dan tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi terkadang bisa menjadi pertanda kondisi medis yang serius seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

Ciri dan gejala utama dari akrosianosis adalah tangan atau kaki yang selalu dingin, disertai warna yang berubah biru. Terkadang tangan atau kaki bisa terasa lembap atau berkeringat, bahkan membengkak. Warna kebiruan biasanya semakin terlihat jelas saat berada di suhu dingin, dan akan menghilang perlahan saat dihangatkan. Biasanya akrosianosis tidak menyebabkan rasa sakit. Denyut arteri tidak akan terganggu karena tidak ada penyumbatan pada arteri besar ditangan atau kaki. Akrosianosis cenderung jarang terjadi, namun lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Akrosianosis diduga disebabkan karena spasme atau kontraksi pada arteri - arteri kecil atau arteriol dibawah kulit yang diikuti dengan pelebaran kapiler - kalpiler vena sebagai kompensasi sehingga mengakibatkan sianosis (kebiruan) dan berkeringat. Kondisi ini juga dapat dilatarbelakangi oleh kondisi kesehatan lainnya seperti masalah kejiwaan, saraf, auto imun, infeksi, kelainan metabolic, dan penyebab lainnya. Berbeda dengan fenomena raynaud yang juga bias amenyebabkan tangan dan kaki dingin kebiruan, pada akrosianosis biasanya tidak terdapat perubahan pada kulit, tak ada rasa nyeri, dan tidak menimbulkan luka.

Akrosianosis bukan kondisi serius dan cara mengatasinya pun mudah, yaitu dengan menghangatkan tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan pergi ketempat yang hangat, memakai sarung tangan atau kaus kaki yang dapat menyerap panas sehingga membuat kaki atau tangan tetap hangat, memastikan tangan dan kaki selalu dalam keadaan kering, dan sebagainya.


Tidak ada pengobatan yang dibutuhkan kecuali dalam kasus yang sangat parah sehingga diperlukan operasi simpatektomi untuk meringankan kejang pembuluh darah. Namun, operasi ini hanya boleh dilakukan apabila sudah benar - benar dalam kondisi parah.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search