Friday, February 22, 2019

Mengenal Gangguan Kepribadian Psikopat

Mengenal Gangguan Kepribadian Psikopat


Mungkin anda sering atau pernah menyaksikan film yang bertema psikopat. Biasanya, orang yang mengalami kelainan ini, didalam film digambarkan sebagai orang yang kejam, sadis, tidak bisa ditebak, dan sangat berbahaya. Tetapi, adakah pengidap psikopat di kehidupan nyata ? dan bagaimanakah ciri - ciri pengidap psikopat di kehidupan nyata ?

Psikopat adalah kondisi psikologis yang serius yang tercakup kedalam gangguan kepribadian antisocial. Psikopat merupakan seseorang yang manipulative dan mudah untuk mendapatkan kepercayaan orang lain. Mereka belajar untuk meniru emosi, yang sebenarnya tidak mereka rasakan, dan akan tampak seperti orang yang normal. Psikopat seringkali berpendidikan  dan memiliki pekerjaan yang stabil. Beberapa ada yang sangat baik dalam manipulasi dan menyamar dalam kehidupan sehingga mereka memiliki keluarga dan hubungan jangka panjang lainnya tanpa seorangpun tahu sifat sejati mereka.

Seseorang dengan kelainan psikopat biasanya tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sehingga banyak diantara mereka yang melakukan hal tak bermoral bahkan criminal tanpa penyesalan dan rasa bersalah. Namun, tidak semua pengidap merupakan pembunuh berdarah dingin. Seorang professor sosiologi dan kriminologi di drew university menjelaskan bahwa seorang psikopat tidak dapat membentuk hubungan emosional maupun memiliki rasa empati dengan orang lain, meskipun seringkali mereka memiliki kepribadian yang menghangatkan dan bahkan mempesona.

Berikut ini merupakan beberapa ciri psikopat yang dapat anda kenali, yaitu :

  • Pada kesan pertama, psikopat biasanya muncul dengan ciri yang menawan, senang bersosialisasi, peduli, dan ramah pada orang lain.
  • Secara lahiriah, mereka tampak logis dan masuk akal, memiliki tujuan yang dipikirkan dengan matang, dapat memberikan penjelasan secara akurat, dan memberikan tanggapan yang sesuai bahwa ada konsekwensi bagi para antisocial dan pelanggar hukum.
  • Psikopat mampu menilai diri sendiri dan akan terbuka mengoreksi kesalahan dimasa lalu.
  • Psikopat tidak menunjukkan gejala - gejala umum neurotic, termasuk kegelisahan, kecemasan, hysteria, perubahan suasana hati, kelelahan ekstrem, dan sakit kepala.


Berikut ini merupakan karakteristik seorang psikopat :


1. Mempesona dan pintar berbicara

Orang sering mengira bahwa psikopat merupakan seseorang yang memiliki sifat pendiam dan penyendiri, padahal justru sebaliknya. Psikopat biasanya memiliki kecenderungan untuk bertindak tanduk baik, menarik, menawan, cerdik, dan pintar berbicara. Pesona psikopat adalah tidak pemalu, sadar diri, dan tidak takut untuk mengatakan apapun. Seorang psikopat tidak pernah merasa sulit berbicara.

2. Sombong dan memiliki arogansi tinggi

Psikopat merupakan seseorang yang memiliki pandangan yang terlalu tinggi akan kemampuan dan harga dirinya, percaya diri, dogmatis, sombong, dan pembual. Psikopat adalah orang - orang sombong yang percaya bahwa mereka adalah manusia yang unggul.

3. Tak tahan rasa bosan

Psikopat seringkali memiliki kedisiplinan yang rendah dalam melaksanakan tugasnya hingga selesai, karena mereka mudah bosan. Mereka tidak akan bisa bekerja dalam pekerjaan yang samauntuk waktu yang lama atau tugas - tugas yang mereka anggap membosankan atau rutin.

4. Senang akan perilaku antisocial dan membahayakan

Meskipun tindak kekerasan merupakan ciri - ciri psikopat yang sering disalah pahami banyak orang, seorang psikopat memang biasanya menyukai hal - hal yang membahayakan. Perilaku antisocial seperti menipu, berbohong, berzina, merampok, mencuri, berkelahi dan membunuh merupakan perilaku yang menarik bagi psikopat. Mereka tampak tertarik dengan perilaku antisocial yang berisiko tinggi tanpa tujuan yang jelas.

5. Lihai sekali dalam berbohong

Bisa dalam skala sedang atau parah. Dalam skala sedang mereka akan menjadi cerdik, lihai, mahir, licik, dan pandai. Dalam skala parah mereka akan berperilaku menipu, curang, tidak bermoral, manipulative, dan tidak jujur.

6. Memiliki gaya hidup parasit

Ciri - ciri psikopat lain adalah memiliki ketergantungan yang disengaja pada orang lain, misalnya dalam hal uang. Ia juga manipulative, egois, dan memanfaatkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena ia sendiri kurang motivasi, memiliki disiplin yang rendah, dan tidak mampu menyelesaikan tanggung jawab.

7. Tidak mampu mencintai

Psikopat sangat egomaniak hingga ke titik yang sulit bagi orang normal untuk memahaminya. Mereka sangat mementingkan diri sendiri dan hal itu tidak dapat diubah, sehingga membuat mereka benar - benar tidak mampu mencintai orang lain, termasuk orang tua, pasangan, dan anak - anak sendiri. Satu - satunya perlakuan baik yang diperlihatkan oleh psikopat adalah ketika hal itu dapat digunakan sebagai keuntungan mereka atau memudahkan rencana dan tujuan mereka.

8. Tidak dapat mempertanggung jawabkan kegagalan

Psikopat terpaksa harus berpura - pura ketika mereka harus meniru emosi manusia normal yang sebenarnya tidak pernah ia rasakan. Hal ini berlaku ketika mereka menghadapi kegagalan. Ketika mereka menjadi rendah hati dan mencoba memperbaiki kesalahan mereka, sebenarnya mereka memiliki tujuan untuk berperan sebagai martir sehingga orang lain tidak perlu menyalahkannya.


Ada beberapa perbedaan dari perilaku para psikopat, termasuk seksualitas psikopat dan cara kerja psikopat. Kebanyakan penelitian tidak menemukan metode yang tepat untuk menyembuhkan perilaku psikopat ini. Sebaliknya, ketika metode digunakan, psikopat akan menjadi lebih terlatih dan meningkatkan metode manipulatifnya untuk menyembunyikan kepribadian mereka yang sebenarnya, bahkan dari mata yang terlatih.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search