Thursday, February 28, 2019

Mengenal Penyakit Frozen Shoulder

Mengenal Penyakit Frozen Shoulder


Mungkin sebagian orang kurang mengetahui atau jarang mendengar mengenai penyakit frozen shoulder. Tetapi, penyakit ini merupakan penyakit yang umum diderita oleh kebanyakan orang. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai penyakit frozen shoulder, gejala - gejalanya, dan cara mengatasi penyakit frozen shoulder.

Frozen shoulder adalah kondisi nyeri bahu yang membuat bahu sulit untuk digerakkan. Nyeri bahu ini menyebabkan ruang didalam sendi bahu mengecil secara bertahap. Frozen shoulder adalah kondisi yang dapat berkembang dalam beberapa fase. Pada tahap pertama, anda mulai merasakan nyeri bahu dan tangan sulit bergerak. Tahap ini biasanya berlangsung sekitar 4 bulan. Lalu dalam 4 bulan kedepan, anda masih akan merasakan sakit yang luar biasa pada bahu anda. Anda dapat menggerakkan lengan, tetapi hanya sedikit. Sedangkan pada tahap terakhir, bahu menjadi tidak kaku, nyeri berangsur - angsur menghilang, dan lengan bisa bergerak kembali. Tahap ini juga berlangsung sekitar 4 bulan pada kebanyakan kasus.

Wanita yang berusia diatas 40 tahun, lebih rentan mengalami penyakit ini. Nyeri atau sakit bahu ini dapat terjadi pada orang - orang yang sedang dalam masa pemulihan setelah operasi, seperti stroke atau mastektomi. Ketika anda mengalami frozen shoulder, anda akan mengalami rasa sakit di sekitar area bahu, dimulai pada tulang sendi bahu dan menyebar pada area sekitarnya, termasuk tulang belikat dan klavikula. Rasa sakit dapat menyebar ke otot - otot lengan. Selain mengalami rasa sakit, kemampuan anda untuk bergerak semakin terbatas.

Penyebab frozen shoulder belum ditemukan. Penyebabnya kemungkinan karena tidak bergerak untuk waktu yang lama, seperti ketika mengenakan perban dan gips setelah cedera, setelah operasi, atau patah lengan. Frozen shoulder juga lebih mungkin terjadi pada orang yang mengidap diabetes. 

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan frozen shoulder adalah :
  • Usia. Orang tua memiliki peluang lebih besar untuk menderita penyakit ini.
  • Bahu tidak digerakkan. Terlalu lama istirahat di tempat tidur karena cedera bahu, berkurangnya mobilitas sendi karena cedera, patah lengan, stroke, dan pasca operasi.
  • Memiliki penyakit lain seperti diabetes, masalah kelenjar tiroid, TBC, Parkinson, atau stroke.

Frozen shoulder adalah kondisi nyeri bahu yang bisa diatasi dengan terapi fisik atau fisio terapi dengan ahlinya. Kunci untuk pemulihan adalah mempertahankan gerakan bahu. Fisioterapi dan latihan di rumah dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempertahankan gerakan lengan. 

Berikut merupakan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi frozen shoulder, yaitu :
  • Gunakan obat seperti yang diarahkan oleh dokter.
  • Olahraga sesuai saran dokter.
  • Ikuti bimbingan dari ahli fisioterapi.
  • Cobalan bergerak secara normal, Sebab bahu yang jarang digerakkan justru menjadi penyebab penyakit ini.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search