Monday, February 18, 2019

Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh Manusia

Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh Manusia


Hampir semua orang pasti pernah minum susu, bahkan sebagian orang sangat menggemari susu. Susu merupakan salah satu minuman yang mengandung kalsium dalam jumlah tinggi. Tahukah anda apa fungsi kalsium atau peranan kalsium bagi tubuh manusia ? Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui apa itu kalsium dan manfaat kalsium bagi tubuh manusia.

Kalsium merupakan sebuah elemen kimia yang memiliki symbol Ca dan nomor atom 20. Kalsium adalah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan oleh manusia. Kalsium bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi, serta diperlukan dalam proses pembekuan darah, kontraksi otot, dan transmisi sinyal pada sel saraf.

Dilihat dari proses terbentuknya, kalsium dalam tubuh manusia akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Bagi orang yang berusia 20 tahun, kandungan kalsium dalam tubuh akan berkurang sebanyak 1 persen setiap tahunnya. Bagi orang yang berusia 20 - 50 tahun, kalsium akan berkurang hingga mencapai 30 persen. Sedangkan untuk orang yang berusia 50 - 70 tahun, kasium akan berkurang hingga mencapai 70 persen.

Peran kalsium bagi kesehatan tulang dan gigi sangat penting, karena jika kebutuhan kalsium harian tubuh tidak tercukupi, maka mekanisme tubuh akan mengambil kalsium yang terdapat pada jaringan keras tubuh seperti tulang dan gigi. Hal ini terjadi karena jaringan keras tersebut merupakan cadangan kalsium didalam tubuh. Apabila terjadi kekurangan asupan kalsium setiap harinya, akan menyebabkan berkurangnya kandungan kalsium dalam jaringan keras yang dapat menyebaban tulang keropos atau yang dikenal dengan istilah osteoporosis.

Beberapa fungsi kalsium bagi tubuh manusia diantaranya :

  • Membantu dalam proses pembentukan tulang dan gigi.
  • Membantu perkembangan dan kesehatan otak.
  • Melindungi dari kanker payudara.
  • Melindungi dari kanker usus besar.
  • Menurukan tensi tinggi.
  • Melenturkan otot.
  • Mengatasi wasir, rematik, sakit pinggang, dan kram.
  • Menjaga kestabilan tekanan darah.
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah osteoporosis pada tulang.
  • Meurunkan risiko kanker usus.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Mencegah pendarahan akar gigi.
  • Mengatasi kulit tangan/kaki pecah - pecah atau kering.
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi.


Sumber Kalsium

1. Ikan salmon
Ikan salmon kaya akan kandungan lemak sehat dan juga protein. 3 ons ikan salmon yang sudah dikalengkan dengan masih memiliki tulang belakang ternyata memiliki kandungan kalsium yang tinggi sekitar 181 mg kalsium.

2. Keju
Keju merupakan produk makanan olahan yang berbahan dasar susu dan keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu, seperti protein, fosfor, kalsium, vitamin, mineral, lemak, serta kolestrol.

3. Pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung berbagai mineral lainnya seperti magnesium, kalium, zat besi, dan lain sebagainya.

4. Kacang kedelai
Kacang kedelai memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Apabila 1 cangkir kacang kedelai direbus tanpa dicampur dengan garam, maka dapat menghasilkan 261 mg kalsium. Olahan dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, dan tahu juga memiliki kalsium dalam jumlah tinggi.

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi yang dapat menyehatkan jantung dan kaya akan serat serta banyak mengandung karbohidrat. Oatmeal juga mengandung kalsium. Satu mangkuk oatmeal mengandung sekitar 105 mg kalsium.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search