Friday, February 22, 2019

Solusi Untuk Mengatasi Kesulitan Sosial Adalah Teknologi Digital

Solusi Untuk Mengatasi Kesulitan Sosial Adalah Teknologi Digital


Stereotip bahwa teknologi digital hanya untuk mereka yang berpendidikan tinggi atau yang berdasi, maka stereotip itu sudah tidak tepat digunakan di era keterbukaan seperti saat ini. Tidak ada lagi sekat marjinal maupun non marjinal dalam kebutuhan teknologi digital saat ini. Semua lapisan masyarakat berhak atas akses informasi teknologi digital sesuai kebutuhan mereka masing-masing.

Teknologi digital bukan lagi sebuah angan-angan atau mimpi yang perlu diwujudkan, melainkan sudah menjadi kebutuhan dalam hidup bersosial untuk semua masyarakat. Pada masa sekarang, teknologi digital bukan hanya terbatas pada lingkup teknologi pada bidang industri saja, melainkan sudah mampu menyentuh ke semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Sejujurnya ada pro kontra yang muncul di tengah masyarakat mengenai keberadaan teknologi digital ini, yaitu:

1.    Apa manfaat yang bisa diberikan oleh teknologi digital pada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dan mayoritas penduduknya berpendidikan rendah?

Masyarakat yang tinggal di daerah terpencil memang memiliki fasilitas umum dan pengetahuan yang terbatas, berbeda dengan masyarakat perkotaan. Yang membedakan diantara keduanya adalah di daerah terpencil biasanya masih banyak sumber daya alam yang tersedia dalam bentuk mentah dan belum banyak dimanfaatkan, ditambah dengan tingkat aktivitas masyarakatnya yang belum terlalu banyak sehingga masih memiliki banyak waktu luang.

Dengan hadirnya teknologi digital, yang mampu memberikan akses informasi yang mungkin selama ini belum pernah mereka dapatkan, menjadikan hal ini sebagai daya tarik dan potensi usaha yang dapat diolah secara maksimal. Misalnya: dengan menunjukkan tutorial cara membuat kerajinan tangan maupun suvenir dari bahan alami (misal: tikar dari tanaman enceng gondok, tas dari tanaman ilalang, topi dari tanaman tertentu) kepada masyarakat di daerah terpencil, sehingga mereka mulai belajar dan menjadi masyarakat yang lebih produktif serta kreatif.

Kemudian hasil kerajinan tangan maupun suvenir dipasarkan melalui media marketplace secara online, tentunya hal ini akan menjadi nilai tambah maupun daya tarik tersendiri bagi daerah tersebut. Daerah yang mungkin awalnya tidak banyak dikenal orang, tetapi melalui sentuhan teknologi digital menjadikan daerah tersebut menjadi lebih dikenal masyarakat secara luas karena keunikan dan kreatifitas yang dihasilkan oleh masyarakatnya.


2.  Apakah teknologi digital ini dapat menjadi solusi atas kesulitan sosial yang banyak terjadi di tengah masyarakat saat ini? Atau sebaliknya, justru sebagai penyakit sosial baru di masyarakat?

Dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi digital pun diperlukan etika, sehingga masyarakat yang menggunakannya menjadi paham dan sadar betul akan konsekuensinya. Yang perlu dipahami bahwa teknologi digital ini bukan terbatas hanya sebagai media social secara online saja, yang mungkin sebagian masyarakat menganggapnya hanya sebagai penyakit sosial baru di masyarakat. Lebih luas lagi, fungsi teknologi digital di tengah masyarakat jika digali lebih dalam akan memunculkan potensi-potensi lain yang bernilai positif.

Kebutuhan setiap orang akan teknologi digital ini berbeda-beda, tidak bisa disamaratakan. Misalnya:
A: memanfaatkan aplikasi digital untuk kebutuhan booking klinik secara online, melalui aplikasi “RUSABOOK”.
B: menggunakan aplikasi digital untuk mencari jasa asisten rumah tangga.
C: memanfaatkan marketplace untuk menawarkan produk usahanya.
D: menjadikan social media marketing untuk membangun branding usahanya.
E: memanfaatkan akses teknologi untuk mencari kampus-kampus terbaik untuk anaknya yang hendak masuk kuliah.
F: memanfaatkan fungsi social media sebagai media silaturrahmi dengan keluarga dan kerabatnya karena mereka tinggal di kota yang berbeda.
G: menggunakan gadgetnya untuk apply lowongan pekerjaan secara online

Jadi, apakah teknologi digital ini sebagai solusi di tengah kesulitan sosial yang banyak terjadi di tengah masyarakat saat ini? Jawabnya adalah iya, sebagai solusi. Dengan catatan kita bijak dalam menggunakan teknologi digital ini. Bukan semau gue, tabrak sana tabrak sini.

Pada intinya, semua kembali kepada masing-masing pribadi yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital ini.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search