Friday, March 8, 2019

Kenali Gejala Dan Cara Mengatasi Alergi Dingin

Kenali Gejala Dan Cara Mengatasi Alergi Dingin


Pernahkah anda mengalami gatal - gatal atau bengkak pada kulit ketika suhu udara disekitar anda lebih dingin daripada biasanya ? Bisa jadi anda mengalami alergi dingin. Alergi dingin merupakan rekasi kulit dalam kurun waktu beberapa menit setelah anda terkena paparan dingin, baik dari air maupun udara. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab alergi dingin, beberapa diantaranya termasuk berada diruangan ber-AC, berenang, atau selepas mandi di pagi hari. Biasanya kulit yang memiliki alergi terhadap dingin akan menjadi merah dan mengalami gatal - gatal. Alergi dingin merupakan penyakit yang umum. Namun dalam banyak kasus, penyakit ini lebih umum terjadi pada orang dewasa muda dan biasanya akan membaik dalam beberapa tahun. 

Gejala - gejala umum dari alergi dingin adalah :


1. Gatal - gatal dan muncul ruam kemerahan

Gejala alergi dingin yang paling khas adalah munculnya ruam kemerahan di kulit dan terasa gatal. Gejala alergi dingin yang satu ini cenderung sulit hilang meski penderitanya berpindah kelingkungan yang lebih hangat. Dalam beberapa kasus, gejala alergi dingin dapat memburuk dan bertahan hingga 24 jam atau lebih.

2. Tangan bengkak

Jika setelah melakukan kontak dengan benda yang bersuhu dingin tangan anda membengkak, maka bisa jadi anda terkena alergi dingin. Pembengkakan ini biasanya terjadi saat anda sedang memegang minuman dingin, mandi di pagi hari, dan terkena paparan suhu dingin lainnya. Selain ditangan, pembengkakan akibat alergi dingin juga bisa terjadi di bagian tubuh lainnya.

3. Muncul bentol - bentol merah

Timbulnya bentol - bentol kemerahan atau biduran ini sama halnya dengan gejala alergi lainnya. Paparan alergi dingin membuat sel darah putih melepaskan histamine ke aliran darah. Akibatnya, tubuh memberikan respon peradangan dengan memunculkan bentol merah, bengkak, gatal, dan perubahan kulit lainnya yang umum terjadi sebagai reaksi alergi.

Penyebab pasti dari alergi dingin masih belum dapat diketahui. Beberapa orang menjadi lebih sensitive terhadap dingin karena keturunan, terkena sejenis virus, atau memiliki penyakit yang menyebabkan sel kulit semakin sensitive. Namun secara umum paparan dingin menghantarkan histamine dan zat kimia lainnya pada aliran darah yang menyebabkan kemerahan dan reaksi gatal - gatal.

Beberapa faktor risiko yang bisa menjadi penyebab alergi dingin yaitu :

  • Anak - anak dan remaja. Dalam banyak kasus, anak - anak dan remaja berisiko lebih tinggi terkena alergi dingin. Namun kondisi ini biasanya dapat membaik dalam beberapa tahun.
  • Memiliki kondisi medis tertentu. Orang yang memiliki kondisi kesehatan mendasar seperti hepatitis atau kanker berisiko tinggi mengalami alergi dingin.
  • Faktor keturunan. Jika orang tua, saudara kandung, kakek, atau nenek anda memiliki riwayat penyakit ini, andapun berisiko lebih tinggi untuk memilikinya.

Pengobatan Dan Pencegahan Untuk Alergi Dingin

Ada beberapa obat alergi dingin yang biasa digunakan untuk mengatasi biduran saat alergi kambuh, yaitu :

Obat anti histamine

Antihistamin adalah obat alergi dingin yang paling umum dan paling sering digunakan. Histamin adalah zat kimia vasoaktif, yang memiliki efek pada pembuluh darah kecil agar bisa melebar. Saat anda bersentuhan dengan penyebab alergi yang sebenarnya tidak berbahaya, histamine yang diproduksi oleh system kekebalan tubuh akan bereaksi secara berlebihan. Histamin pun memerintahkan tubuh untuk melawan allergen . Hal inilah yang menimbulkan reaksi atau gejala alergi yaitu kulit, hidung, dan mata terasa gatal.

Leukotriene antagonis

Obat leukotriene antagonis disebut juga dengan antileukotriene. Obat ini menghambat zat leukotrien. Leukotrienes adalah substansi yang dilepaskan oleh sel darah putih di paru - paru yang menyebabkan peradangan dan aliran udara terhambat. Obat ini pada dasarnya sering digunakan untuk menangani asma. Namn antileukotriene juga memiliki manfaat lainya, yaitu :
  • Pencegahan dan pengobatan asma pada anak dan orang dewasa.
  • Pengobatan alergi yang dipicu oleh allergen dalam ruangan seperti debu, tungau, spora jamur, atau bulu binatang.
  • Pengobatan alergi musiman yang dipicu oleh allergen dari luar seperti serbuk sari pohon, rumput, atau gulma.


Obat kortikosteroid sistemik

Kortikosteroid sistemik adalah jenis obat alergi dingin yang diberikan secara oral atau dengan disuntik. Obat alergi dingin yang satu ini memiliki efek antiradang yang mendalam, sehingga membantu meringankan gejala peradangan saat alergi kambuh.

Beberapa gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi alergi dingin di antaranya :
  • Minum obat alergi dingin.
  • Lindungi kulit dari perubahan suhu yang mendadak.
  • Perhatikan asupan makanan.
  • Bawa suntikan epinefrin atau adrenalin.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search