Friday, March 8, 2019

Mengenal Penyakit Abses Payudara

Mengenal Penyakit Abses Payudara


Abses payudara merupakan peradangan (bengkak, merah) dan munculnya nanah pada payudara yang disebabkan oleh bakteri. Pada kasus yang jarang, abses payudara dapat berkembang menjadi kanker payudara. Abses payudara adalah kondisi yang bisa terjadi sekitar 10 sampai 30% kasus. Biasanya abses payudara terjadi pada wanita setelah hamil dan menyusui. Abses payudara dapat juga terjadi pada wanita dengan berat badan berlebih, memiliki payudara besar, atau wanita yang tidak menjaga kebersihan diri.

Tanda abses payudara tergantung dari lokasi abses, stadium penyakit, dan faktor lain. Pada stadium awal, anda dapat merasakan nyeri pada kelenjar payudara. Kulit luar dapat normal jika inflamasi terjadi didalam atau dapat terlihat merah, panas dan bengkak jika lokasinya di permukaan payudara. Saat pembentukan abses, gejala akan bertambah jelas. Saat itu, gejala dapat berupa abses kulit menjadi panas, terluka, dan merah bengkak. Selain itu biasanya muncul pula gejala infeksi berupa demam, menggigil, mual dan muntah.

Abses payudara adalah kondisi yang sering disebabkan oleh dua bakteri, yaitu staphylococcus aureus dan streptococcus. Selain itu penyebab lain misalnya bakteri anaerob, bacillus typhoid, dan sumbatan saluran pada payudara akibat bekas luka juga dapat menyebabkan abses payudara. 

Abses payudara bisa berisiko dikarenakan beberapa faktor berikut ini :

  • Menyusui dengan tidak sesuai.
  • Waktu menyusui kurang lama sehingga terjadi penumpukkan air susu.
  • Menggunakan bra dengan ketat.
  • Putting tergaruk atau tercakar.
  • Saluran tersumbat.

Jika abses payudara dapat dideteksi sedini mungkin, penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotic tanpa operasi. Jika baru terdeteksi saat stadium lanjut, pada pasien akan dilakukan insisi menusuk untuk mengeluarkan abses. Meski begitu, pendekatan ini dapat menyebabkan komplikasi seperti pembentukan abses baru dan fistula dari abses kulit.

Abses payudara merupakan kondisi yang dapat diringankan gejala dan penyebabnya. Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi abses payudara :
  • Gaya hidup sehat : Anda harus beristirahat, minum banya air dan konsumsi makanan bergizi selama terapi.
  • Selalu menjaga kebersihan : Anda dapat menggunakan handuk hangat dan lembap pada jaringan yang terinfeksi.
  • Jika anda adalah ibu menyusui, selalu bersihkan payudara anda, khususnya daerah putting susu. Idealnya, anda berhenti menyusui hingga penyakit payudara anda sembuh.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search