Tuesday, March 19, 2019

Mengenal Beberapa Jenis Protein Dan Fungsinya Bagi Tubuh

Mengenal Beberapa Jenis Protein Dan Fungsinya Bagi Tubuh


Telur, daging, tempe dan susu, merupakan beberapa contoh makanan yang mengandung protein dalam jumlah tinggi. Apakah kalian mengetahui apa itu protein dan apa manfaatnya bagi tubuh kita ? Sebelum mulai membahasnya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui bahwa protein memiliki banyak macamnya, baik berdasarkan sumbernya maupun berdasarkan unsure penyusunnya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian protein, jenis - jenis protein, dan fungsinya bagi tubuh manusia.

Protein merupakan bagian terbesar kedua tubuh manusia setelah air. Protein adalah senyawa organic kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hydrogen, oksigen, nitrogen, dan sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Protein merupakan salah satu dari biomolekul raksasa selain polisakarida, lipid, dan polinukleotida, yang merupakan unsure penyusun utama makhluk hidup.

Fungsi utama protein adalah untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Berikut ini merupakan beberapa fungsi protein yang perlu diketahui, yaitu :
  • Bahan dalam sintesis substansi penting, seperti hormone, enzim, zat antibody, dan organel sel lainnya.
  • Perbaikan, pertumbuhan, dan pemeliharaan struktur sel jaringan dan organ tubuh.
  • Sebagai sumber energy, setiap gramnya akan menghasilkan 4,1 kalori.
  • Mengatur dan melaksanakan metabolisme tubuh, misalnya sebagai enzim, protein mengaktifkan dan berpartisipasi pada reaksi kimia.
  • Menjaga keseimbangan asam basa dan keseimbangan cairan tubuh.
  • Membantu tubuh dalam menghancurkan ataupun menetralkan zat - zat asing yang masuk kedalam tubuh.

Protein memiliki beberapa jenis, berdasarkan sumbernya maupun berdasarkan unsur pembentuknya. Berdasarkan sumbernya, protein terbagi menjadi 2, yaitu :

Protein hewani

Protein hewani merupakan jenis protein yang sumbernya berasal dari produk hewani, seperti telur, daging, susu, dan sebagainya. Protein jenis ini sering disebut dengan first class protein atau protein kelas satu, karena protein jenis ini mengandung asam amino essensial secara lengkap.

Protein Nabati

Protein nabati merupakan protein yang berasal dari tumbuhan. Sumber protein nabati antara lain padi - padian, kacang - kacangan, kelapa, dan sayur - sayuran. Protein nabati sering disebut sebagai protein kelas dua. Sebab, protein jenis ini tidak mengandung asam amino esensial secara lengkap.

Berdasarkan komponen - komponen penyusunnya, protein terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :

Protein sederhana (simple protein)

Protein sederhana ialah protein yang berasal dari hasil hidrolisa, total protein ini merupakan campuran atas berbagai macam asam amino.

Protein kompleks (complex protein)

Protein kompleks adalah protein yang terbentuk dari hasil hidrolisa, total protein jenis ini terdiri dari berbagai macam asam amino, selain itu juga terdapat komponen - komponen lain seperti unsure logam, gugusan pospat, dan lain - lain.

Protein derivate (Derivative protein)


Protein derivate adalah protein yang terbentuk dari ikatan antara intermediate product yang merupakan hasil dari hidrolisa parsial yang berasal dari protein native.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search