Tuesday, March 19, 2019

Mengenal Penyakit Granuloma Inguinale

Mengenal Penyakit Granuloma Inguinale


Granuloma inguinale adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri klebisella granulomatis. Penyakit ini ditandai dengan kemunculan benjolan berwarna kemerahan pada alat kelamin dan anus. Benjolan dapat membesar dan menyebar secara perlahan hingga ke panggul, tulang, atau mulut. Benjolan juga dapat pecah dan menyebabkan luka serius dan bahkan kerusakan pada alat kelamin. Granuloma inguinale adalah penyakit yang sering terjadi pada orang - orang yang berusia 20 tahun hingga 40 tahun. Pria memiliki risiko 2 kali lipat lebih besar terkena penyakit ini daripada wanita. Anak - anak dan orang tua jarang terjangkit penyakit ini.

Gejala akan muncul dalam 1 hingga 12 minggu setelah seseorang terinfeksi. Tanda paling khas dari granuloma inguinale adalah munculnya benjolan kecil yang membengkak dan berwarna merah. Benjolan ini biasanya muncul pada batang penis, vagina, dan selangkangan. Benjolan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, ketika benjolan membesar, daerah yang terkena akan menjadi kemerahan dan mudah mengalami luka. Dalam beberapa kasus, warna kulit akan memudar di area genital dan sekitarnya.

Penyebab granuloma inguinale adalah bakteri klebsiella grabulomatis, yang sebelumnya dikenal sebagai calymmatobacterium granulomatis. Penyebaran bakteri biasanya melalui seks anal atau penetrasi vagina. Dalam beberapa kasus, penyakit dapat menular melalui seks oral, tetapi jarang terjadi. 

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit granuloma inguinale adalah :
  • Sering melakukan hubungan seksual yang tidak aman.
  • Hubungan seks pria dengan pria, karena pria memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan wanita.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat yang dapat dilakukan untuk mengatasi granuloma inguinale, yaitu :
  • Minum obat secara teratur dan sesuai dengan anjuran dokter. Jangan menghentikan pengobatan serta mengurangi atau menambahkan dosis jika dokter tidak menyarankan hal tersebut.
  • Rutin konsultasi ke dokter untuk mengetahui perkkembangan penyakit dan kesehatan anda.
  • Lakukan seks aman dengan kondom.
  • Jangan berhubungan seks dengan orang - orang yang memilki riwayat seksual tidak jelas.
  • Usahakan agar luka selalu bersih dan tetap kering.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search