Friday, March 8, 2019

Mengenal Penyakit Amiloidosis

Mengenal Penyakit Amiloidosis


Amiloidosis adalah penyakit langka yang dapat memengaruhi berbagai organ dapat menyebabkan gagal organ yang mematikan. Amiloidosis merupakan suatu kondisi dimana protein yang disebut amiloid menumpuk di jaringan dan organ tubuh. Ketika hal itu terjadi, zat amiloid bisa memengaruhi kinerja tubuh. Dampak terburuknya, amiloidosis bisa menyebabkan kegagalan organ, jantung, limpa, hati, saluran pencernaan, ginjal, dan system saraf.

Banyak protein didalam tubuh yang dapat menyebabkan pembentukan deposit amiloid, tetapi hanya sedikit yang dikaitkan dengan masalah kesehatan yang signifikan. Jenis protein dan dimana ia terkumpul akan menentukan jenis amiloidosis pada seseorang. Penyimpanan amiloid dapat terkumpul diseluruh tubuh atau hanya di satu area saja. 

Berikut ini merupakan beberapa jenis amiloidosis, yaitu :


Amiloidosis primer (sistemik AL)
Hal ini terjadi tanpa diketahui penyebabnya, tetapi telah terlihat pada orang dengan kanker darah yang disebut multiple myeloma. Ini adalah jenis yang paling umum dari amiloidosis. Bagian tubuh yang paling sering terkena adalah ginjal, jantung, hati, usus, dan saraf tertentu. AL singkatan dari amiloid rantai ringan, yang merupakan jenis protein yang bertangung jawab untuk amiloidosis.

Amiloidosis sekunder (sistemik AA)
Ini adalah hasil dari penyakit radang kronis lain, seperti lupus, rheumatoid arthritis, TBC, penyakit radang usus, dan kanker. Paling sering memengaruhi limpa, ginjal, hati, kelenjar adrenal, dan kelenjar getah bening. AA berarti jenis protein amiloid A penyebab amiloidosis.

Amiloidosis terkait dialysis (DRA)
Hal ini lebih umum terjadi pada orang dewasa, dan orang - orang yang telah didialisis selama lebih dari 5 tahun. Bentuk amiloidosis ini disebabkan oleh endapan dari beta-2 microglobulin yang terdapat didalam darah. Penyimpanannya dapat terjadi di banyak jaringan yang berbeda, tetapi paling sering mempengaruhi tulang, sendi, dan tendon.

Amiloidosis keturunan (AF)
Ini adalah bentuk langka yang diturunkan melalui keluarga. Hal ini disebabkan oleh protein amyloid transthyretin (TTR) yang tidak normal, yang dibuat di hati. Protein ini bertanggung jawab untuk bentuk yang paling umum dari amiloidosis turun temurun.

Amiloidosis sistemik senilis (SSA)
Hal ini disebabkan deposit dari TTR normal dalam jantung dan jaringan lain. Hal ini paling sering terjadi pada pria lanjut usia.

Amiloidosis spesifik organ
Ini menyebabkan deposit dari protein amyloid di organ tunggal, termasuk kulit.

Beberapa faktor yang dapat memperbesar risiko seseorang menderita amiloidosis adalah :

  • Saat menjalani cuci darah, protein abnormal dapat menumpuk dalam darah, kemudian tertimbun pada jaringan tubuh.
  • Amiloidosis juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan.
  • Mayoritas penderita amiloidosis adalah pria.
  • Penderita amiloidosis primer umumnya adalah mereka yang lanjut usia.
  • Menderita penyakit lain, yang menyebabkan infeksi kronis atau peradangan.
  • Seseorang yang menderita kanker multiple myeloma.

Gejala amiloidosis seringkali sangat ringan bahkan tidak tampak. Gejalanya juga dapat sangat bervariasi tergantung dimana protein amiloid terkumpul dalam tubuh. Penting untuk dicatat bahwa gejala yang dijelaskan dibawah mungkin karena berbagai masalah kesehatan yang berbeda. 

Berikut ini adalah gejala - gejala umum dari amiloidosis, yaitu :

  • Perubahan warna kulit.
  • Selalu merasa kenyang.
  • Nyeri sendi.
  • Jumlah sel darah merah yang rendah.
  • Pembengkakan lidah
  • Kesemutan dan mati rasa di tungkai dan kaki
  • Genggaman tangan yang lemah

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi amiloidosis :

  • Anda harus menghindari beberapa aktivitas berat.
  • Jaga pola makan yang seimbang untuk memberikan tenaga untuk kesehatan anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search