Sunday, March 24, 2019

Mengenal Penyakit Demam Scarlet

Mengenal Penyakit Demam Scarlet


Sebagian orang mungkin belum mengetahui tentang penyakit yang bernama demam scarlet. Pada umumnya, orang - orang beranggapan bahkan semua penyakit demam sama saja, tetapi sebenarnya penyakit demam memiliki banyak jenis tergantung penyebabnya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa itu demam scarlet, penyebabnya, dan cara mengobatinya.

Demam scarlet merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya bakteri pada beberapa orang yang memiliki angina. Bakteri ini mengeluarkan toksin dan menghasilkan reaksi dalam tubuh yang menyebabkan ruam merah. Penyakit demam scarlet menyebabkan bintil merah diseluruh tubuh dan biasanya disertai dengan sakit tenggorokan dan demam tinggi. Tidak semua orang yang terinfeksi tenggorokannya mengalami demam scarlet. Jika penyakit ini tidak diobati, ruam dapat menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya yang dapat mempengaruhi jantung, ginjal, dan bagian tubuh lainnya.

Gejala pertama dari demam scarlet biasanya sakit tenggorokan, demam diatas 38 derajat celcius, pembengkakan kelenjar di leher, batuk, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Munculnya amandel pada bagian belakang tenggorokan dapat memiliki lapisan putih atau merah yang bengkak. Ruam merah adalah gejala yang paling menonjol. Ruam biasanya mulai muncul setelah anak mengalami sakit tenggorokan selama beberapa hari. Ruam pertama muncul pada wjaah dan leher dan kemudian akan muncul di dada dan punggung. Lidah berubah menjadi merah, dan ketika ruam ditekan, ruam menjadi putih. Pada hari keenam, ruam mulai memudar dan kulit mulai mengelupas. Pengelupasan mungkin membutuhkan waktu 1 hingga 2 minggu sebelum pulih.

Bakteri yang disebut streptococcus adalah penyebab utama munculnya ruam. Bakteri menyebar melalui kontak langsung kemudian penderita mulai sakit tenggorokan selama 24 - 48 jam setelah mengonsumsi antibiotic. Bakteri dapat menyebar ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk. Masa inkubasi berlangsung dari 2 - 4 hari. Anak - anak yang berusia 5 - 15 tahun lebih rentan untuk mengalami penyakit ini daripada kelompok usia lainnya. Kuman yang menyebabkan penyakit menyebar dengan mudah diantara orang - orang yang memiliki kontak dekat dengan anak - anak, seperti anggota keluarga atau teman sekelas.

Berikut ini adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi demam scarlet, yaitu :
  • Jaga anak agar tetap nyaman. Berilah makanan cair yang lembut dan berilah anak - anak air minum yang banyak. Gunakan humidifier untuk menghasilkan udara dingin.
  • Jauhkan anak dari anggota keluarga lian dan dari anak - anak lain, sejak mengalami sakit tenggorokan untuk 2 hari setelah minum antibiotic. Anak - anak dapat kembali ke sekolah setelah 2 minggu.
  • Gunakan cangkir dan peralatan makan secara terpisah, cuci dengan air panas dan sabun.
  • Cuci tangan anda sesering mungkin.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search