Monday, March 18, 2019

Mengenal Penyakit Growing Pain Pada Anak

Mengenal Penyakit Growing Pain Pada Anak


Growing pain adalah salah satu gejala rasa sakit pada musculoskeletal (tulang dan otot) yang biasanya terkait dengan pertumbuhan anak. Kondisi ini umum terjadi pada 10 - 20% anak - anak berusia SD dan digolongkan berdasarkan kondisi, lokasi, dan fitur klinis dari prosedur rasa sakit. Puncak dari kondisi ini adalah saat usia 4 hingga 12 tahun, umumnya disertai dengan rasa sakit pada malam hari namun tidak ditemukan adanya kelainan fisik. Gejala ini lebih cenderung menyerang anak laki - laki dibandingkan dengan anak perempuan dan rasa sakit tidak muncul selama periode pertumbuhan pesat atau pada bagian pertumbuhan.

Beberapa tanda dan gejala dari growing pain diantaranya anak sering mengeluhkan nyeri pada kaki yang terasa dalam dan kram. Menurut deskripsi, anak seringkali menyebutkan rasa sakit tidak spesifik dan bilateral, serta rasa sakit biasanya muncul pada malam hari sebelum tidur selama beberapa bulan. Kadang, anak bangun dari tidur dan mengeluhkan tentang rasa sakit yang berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam dan kembali tidur setelah kaki dipijat.

Growing pain biasanya ditemukan menurun di keluarga, meski belum diketahui apa penyebabnya. Growing pain tidak terkait dengan pertumbuhan atau penyakit lainnya. Growing pain berbeda dari penyakit seperti arthritis inflamasi dengan tidak adanya gejala sakit pada pagi hari dan rasa kaku serta tidak adanya synovitis pada pemeriksaan fisik. Growing pain umumnya terjadi pada anak - anak yang sangat aktif, rasa sakit diperparah dengan aktivitas fisik yang meningkat.

Perawatan untuk growing pain meliputi :

  • Peregangan dan relaksasi rutin.
  • Perawatan panas (kompres hangat).
  • Analgesic ringan yang diresepkan dengan dosis untuk malam hari.


Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi growing pain, diantaranya adalah :
  • Tidur yang cukup untuk meningkatkan kualitas hidup.
  • Selama anak mengalami growing pain, berikan pijatan karena efektif dalam meringankan rasa sakit.
  • Analgesik juga memiliki efek yang cepat untuk meredakan rasa sakit.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search