Monday, April 22, 2019

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Kolesterol Tinggi


Penyakit kolesterol tinggi adalah kondisi yang terjadi saat tingkat kolesterol dalam tubuh lebih tinggi daripada kondisi normalnya. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan pada lemak yang terkandung didalam darah anda. Kolesterol berperan dalam membentuk sel - sel sehat, namun memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dari kadar normalnya, dapat meningkatkan risiko anda terkena penyakit jantung. Saat kolesterol tinggi, endapan lemak dapat menumpuk pada pembuluh darah. Akibatnya, endapan ini mempersulit darah untuk mengalir melalui arteri. Kondisi ini dapat membuat jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Akibatnya, kondisi ini dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan jantung.

Penyakit kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terganggu. Menurunnya jumlah aliran darah ke otak, dapat menyebabkan penyakit stroke. Penyakit kolesterol tinggi umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan yang sehat, olahraga yang rutin, dan pengobatan yang tepat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penyakit kolesterol tinggi diperkirakan menjadi penyebab 2,6 juta kematian. Penyakit kolesterol tinggi biasanya tidak memiliki gejala apapun. Oleh karena itu, tes darah merupakan satu - satunya cara untuk mendeteksi kadar kolesterol anda.


Untuk dapat dibawa melalui darah, kolesterol harus menempel pada protein. Kombinasi protein dan kolesterol ini disebut lipoprotein. Berdasarkan jenis kolesterol yang dibawa lipoprotein, kolesterol dapat memiliki berbagai jenis, yaitu :
  • Low Density Lipoprotein (LDL). LDL atau yang kita kenal dengan kolesterol jahat, bertugas mengantarkan partikel kolesterol ke seluruh tubuh. Kolesterol LDL yang menumpuk pada dinding arteri, dapat membuat arteri menjadi keras dan menyempit.
  • High Density Lipoprotein (HDL). HDL atau yang kita kenal dengan kolesterol baik bertugas mengangkat kolesterol berlebih dan mengembalikannya ke hati.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko nada mengalami kolesterol tinggi, yaitu :
  • Pola makan buruk. Mengkonsumsi lemak jenuh yang ditemukan pada makanan hewani, dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol didalam darah. Makanan yangtinggi kolesterol seperti daging merah dan produk susu penuh lemak, juga akan meningkatkan jumlah kolesterol.
  • Obesitas. Memiliki indeks masa tubuh 30 atau lebih membuat anda berisiko memiliki penyakit kolesterol tinggi.
  • Lingkar pinggang yang besar. Anda lebih berisiko memiliki penyakit kolesterol tinggi apabila anda seorang pria dengan lingkar pinggang setidaknya 102 cm atau wanita dengan lingkar pinggang setidaknya 89 cm.
  • Kurangnya olahraga. Olahraga dapat membantu meningkatkan produksi kolesterol baik, serta meningkatkan ukuran partikel kolesterol jahat sehingga menjadi tidak berbahaya.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mencegah terjadinya kolesterol tinggi, yaitu :
  • Terapkan pola makan rendah kolesterol dengan menghindari makanan yang kaya akan lemak jenuh dan perbanyak konsumsi lemak baik seperti omega 3, lemak tak jenuh, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Perbanyak konsumsi serat.
  • Turunkan berat badan dan jaga berat badan agar selalu ideal.
  • Berhenti merokok.
  • Olahraga beberapa hari dalam seminggu, minimal 30 menit setiap kali berolahraga.
  • Hindari mengkonsumsi alkohol.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search