Monday, April 22, 2019

Mengenal Kondisi Klaudikasio Dan Cara Mengatasinya

Mengenal Kondisi Klaudikasio Dan Cara Mengatasinya


Klaudikasio merupakan sebuah kondisi dimana timbulnya nyeri pada saat berolahraga. Klaudiokasio biasanya merupakan gejala yang diakibatkan oleh adanya penyempitan arteri ditangan dan kaki sehingga menyebabkan kekurangan darah pada area sekitarnya. Umumnya, nyeri klaudiokasio dirasakan pada kaki, namun juga dapat dirasakan pada tangan. Otot betis merupakan bagian yang palign sering terkena nyeri ini, tetapi kaki, paha, dan bokong juga dapat mengalaminya. Nyeri biasanya terjadi pada saat dan sesudah berolahraga, dan biasanya akan hilang ketika anda beristirahat.

Gejala klaudiokasio adalah nyeri di otot betis, kaki, paha, panggul, dan bokong yang muncul saat beraktivitas. Bila penyempitan arteri sudah semakin parah, nyeri dapat timbul saat anda sedang beristirahat. Penyebab utama klaudiokasio adalah penyakit disekeliling arteri. Orang dengan penyakit arteri perifer memiliki arteri yang menyempit di otot kaki atau otot - otot lainnya sehingga menimbulkan nyeri. Penyakit ini menyebabkan aliran darah ke kaki berkurang. Hal ini biasanya disebabkan oleh proses sterosklerosis.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit klaudiokasio :
  • Merokok
  • Kolesterol tinggi
  • Tekanan darah tinggi
  • Obesitas
  • Berusia diatas 70 tahun
  • Berusia diatas 50 tahun dengan diabetes dan merokok
  • Riwayat keluarga

Tujuan pengobatan kaludiokasio adalah untuk meringankan gejala dan mencegah kondisi memburuk. Banyak orang yang membaik kondisinya setelah menjalani perubahan gaya hidup termasuk menghindari tembakau, mengurangi berat badan, dan mengganti diet untuk mengontrol diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Pada kasus klaudiokasio, dokter dapat meresepkan obat untuk membantu darah beredar lebih baik. Dosis aspirin yang rendah diperlukan. Perawatan kaki penting untuk mencegah infeksi.

Berikut ini merupakan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu anda mengatasi klaudiokasio, yaitu :
  • Hindari cedera pada kaki.
  • Kendalikan faktor - faktor risiko aterosklerosis (Diabetes, kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok, dan diet tinggi lemak).
  • Berhenti merokok.
  • Olahraga sederhana, kendalikan obesitas, lakukan perawatan kaki setiap hari, jaga tekanan darah anda, dan makan makanan rendah lemak.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search