Monday, April 22, 2019

Mengenal Penyakit Leukoplakia

Mengenal Penyakit Leukoplakia


Leukoplakia adalah bagian yang tebal dan berwarna keputihan, yang terbentuk pada bagian dalam pipi, gusi, atau lidah. Area ini disebabkan oleh pertumbuhan sel berlebih dan umum terjadi pada pengguna tembakau. Leukoplakia juga dapat terjadi akibat iritasi seperti gigi palsu yang tidak pas, atau kebiasaan menggigit bagian dalam pipi. Kadang leukoplakia terkait dengan kanker mulut. Dokter gigi anda dapat menyarankan biopsi apabila area tersebut terlihat membahayakan. Dokter gigi akan memeriksa luka dan melihat hasil biopsy untuk membantu menentukan cara pengatasan penyakit. Perawatan dimulai dengan menghilangkan faktor yang berkontribusi pada luka.

Leukoplakia dapat memiliki tampilan yang bermacam - macam. Perubahan biasanya muncul pada gusi, bagian dalam pipi, bagian bawah mulut, dan kadang lidah anda. Salah satu jenis leukoplakia yang disebut hairy leukoplakia umumnya memengaruhi orang dengan system imun yang melemah akibat pengobatan atau penyakit, terutama HIV/AIDS.

Hairy leukoplakia menyebabkan area yang putih dan berbulu halus yang menyerupai lipatan atau benjolan pada bagian samping lidah. Kondisi ini sering disalah artikan sebagai oral thrush - infeksi yang ditandai dengan area yang berwarna putih krem yang dapat dihilangkan, pada area dari belakang tenggorokan hingga bagian atas esophagus dan bagian dalam pipi.

Tujuan dari perawatan adalah untuk menghilangkan area leukoplakia. Menghilangkan sumber iritasi dapat membuat luka menghilang. Untuk kondisi hairy leukoplakia, penggunaan obat antivirus biasanya dapat menghilangkan area. Dokter juga dapat menyarankan untuk mengoleskan obat pada area yang mengalami leukoplakia.


Anda dapat mencegah leukoplakia apabila anda :
  • Menghindari produk - produk tembakau. Bicarakan dengan dokter anda tentang metode untuk membantu anda berhenti merokok. Jika keluarga anda atau teman - teman anda merokok atau mengunyah tembakau, anjurkan mereka untuk melakukan pemeriksaan mulut secara rutin.
  • Hindari atau batasi konsumsi alkohol. Alkohol adalah faktor utama dari leukoplakia dan kanker mulut. Kombinasi dari alkohol dan rokok dapat mendorong zat kimia berbahaya pada tembakau untuk memasuki jaringan pada mulut anda.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search