Monday, April 22, 2019

Mengenal Penyakit Lewy Body Dementia

Mengenal Penyakit Lewy Body Dementia


Lewy body dementia adalah jenis dementia (pikun) yang paling sering terjadiselain penyakit Alzheimer. Kondisi ini terjadi saat penumpukan protein yang dinamakan lewy body terbentuk di sel saraf di bagian otak yang mengatur cara berfikir, daya ingat, dan gerakan tubuh (motorik). Lewy body dementia menyebabkan penurunan drastic pada kemampuan mental penderitanya. Orang yang memiliki lewy body dementia terkadang mengalami halusinasi visual, dan tidak lagi bisa fokus. Efek lainnya termasuk berbagai gejala fisik yang mirip dengan penyakit Parkinson, seperti otot kaku, gerak tubuh lambat, dan tremor. Lewy body dementia adalah kondisi yang umum terjadi. Jenis dementia degenerative yang lebih umum dari lewy body dementia adalah penyakit Alzheimer.


Gejala lewy body dementia yang paling sering terjadi diantaranya adalah :

1. Halusinasi visual

Halusinasi biasanya adalah gejala yang pertama kali muncul, dan akan terus muncul. Halusinasi ini bisa berupa melihat seseorang, hewan, atau bentuk - bentuk tertentu yang sebenarnya tidak ada disana. Terkadang muncul juga halusinasi suara, penciuman, atau indera sentuh.

2. Gangguan gerakan tubuh

Gangguan ini mirip dengan gejala penyakit Parkinson, seperti gerakan tubuh yang melambat, otot yang kaku, tremor, atau cara berjalan yang diseret.

3. Gangguan fungsi tubuh yang diatur oleh system saraf otonom

Sistem saraf yang sering terpengaruh oleh lewy body dementia biasanya adalah system yang mengatur tekanan darah, denyut nadi, produksi keringat, dan system pencernaan. Akibatnya, penderita sering merasakan pusing, terjatuh, dan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit.

4. Gangguan kognitif

Penderita akan mengalami gangguan berpikir mirip dengan penderita Alzheimer, seperti linglung, tak bisa memusatkan perhatian, masalah visual spasial, dan hilangnya memori.

5. Gangguan tidur

Penderita mungkin mengalami gangguan tidur Rapid Eye Movement yang bisa membuat tubuhnya bergerak mengikuti mimpi saat sedang tidur.


Lewy body dementia disebabkan oleh penumpukan (gumpalan) protein yang terbentuk didalam sel otak yang bertugas mengontrol fungsi berpikir, persepsi visual, dan gerakan otot. Belum diketahui mengapa gumpalan protein ini dapat terbentuk dan bagaimana bisa merusak otak. Diperkirakan masalahnya adalah protein mengganggu sinyal yang dikirimkan antar sel otak. Sampai saat ini belum ada obat yang bis amenyembuhkan lewy body dementia.


Terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan, jika anda hidup berdampingan dengan penderita lewy body dementia, yaitu :

1. Bicara dengan jelas dan simpel

Pertahankan kontak mata selama berbicara, dan berbicaralah pelan - pelan dengan kalimat yang sederhana, dan jangan memaksa penderita untuk menjawab pertanyaan.

2. Ajak berolahraga

Berolahraga rutin bisa membantu meningkatkan fungsi tubuh, memperbaiki masalah perilaku, dan mencegah gejala depresi.

3. Lakukan stimulasi otak

Bermain game, teka teki silang, puzzle, dan aktivitas lain yang melibatkan kemampuan berfikir bisa membantu memperlambat penurunan mental pada pasien dementia.

4. Buat rutinitas malam hari


Masalah perilaku pada penderita dementia biasanya lebih parah dimalam hari. Terapkan rutinitas sebelum tidur untuk membantu penderita demensia mendapatkan suasana nyaman, tenang, tanpa ada gangguan sedikitpun.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search