Monday, May 27, 2019

Camilan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Camilan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi


Kolesterol tinggi merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang paling sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Penderita penyakit kolesterol tinggi umumnya adalah orang yang tidak menjaga pola makannya dan sering mengkonsumsi makanan secara sembarangan tanpa menghitung nilai gizi dari makanan tersebut. Pengidap kolesterol tinggi juga biasanya hobby mengkonsumsi makanan cepat saji, tinggi lemak, dan jarang berolahraga. Kolesterol tinggi juga merupakan penyebab utama dari penyakit asam urat.

Makanan yang memiliki nilai gizi buruk merupakan penyebab utama dari penyakit kolesterol tinggi. Makanan yang memiliki nilai gizi buruk adalah makanan yang mengandung tinggi lemak, tinggi kalori, namun rendah vitamin. Makanan cepat saji atau fastfood merupakan contoh makanan yang memiliki nilai gizi yang buruk. Jenis makanan ini mengandung kadar lemak dalam jumlah yang sangat tinggi, sehingga kandungan lemak tersebut dapat menyumbat peredaran darah dan menyebabkan penyempitan aliran darah.

Oleh karena itu, para penderita kolesterol tinggi sebaiknya mulai menjaga asupan makanan mereka, dan mulai mengatur pola makan mereka supaya terbebas dari penyakit kolesterol tinggi. Perlu dipahami bahwa dalam darah kita terkandung dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Jika kadarnya seimbang, maka tubu akan tetap sehat, tetapi jika kadar kolesterol jahat lebih banyak, maka tubuh pun akan terkena gejala kolesterol tinggi. Untuk itulah diperlukan tips dalam mengatur pola dan jenis makanan untuk penderita kolesterol tinggi.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, yaitu :

1. Popcorn

Popcorn merupakan camilan yang biasanya tersedia saat kita sedang menonton film di bioskop. Camilan ini dapat menjadi pilihan bagi anda yang menderita kolesterol tinggi, karena popcorn merupakan camilan rendah kolesterol. Popcorn berasal dari biji jagung utuh yang mengandung tinggi serat dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Popcorn dapat menjadi camilan sehat jika diolah dengan benar. Alih - alih menggunakan mentega untuk menggoreng popcorn, anda dapat menggunakan minyak zaitun dan sedikit keju parmesan untuk membuat popcorn tetap sehat dan enak.

2. Kacang - kacangan

Sebuha penelitian menunjukkan bahwa kacang almond kaya akan lemak tidak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Akan tetapi, patut diingat bahwa kacang - kacang juga memiliki kalori dalam jumlah yang tinggi. Maka dari itu, anda cukup mengkonsumsi kacang maksimal 30 gram kacang setiap harinya.

3. Sayur - sayuran

Sayuran merupakan bahan makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Tidak hanya baik untuk mengendalikan kadar kolesterol, sayuran juga memiliki kandungan lemak yang rendah, natrium, dan kalori. Artinya, dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran, maka anda dapat terhindar dari penyakit jantung yang sering disebabkan oleh kolesterol tinggi.

4. Buah - buahan


Sama seperti sayuran, buah - buahan juga dapat menurunkan kadar kolesterol anda seperti buah strawberry, apel, anggur, dan buah jeruk. Buah - buahan juga mengandung kalium yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Hal ini membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search