Monday, May 27, 2019

Tips Tetap Sehat Saat Menganggur

Tips Tetap Sehat Saat Menganggur


Menganggur merupakan sebuah masa ketika anda sedang tidak memiliki kegiatan atau pekerjaan. Orang yang sedang menganggur disebut pengangguran. Menganggur bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti baru lulus kuliah atau sekolah, maupun baru saja berhenti dari pekerjaannya. Psikologi dan kesehatan orang yang menganggur, sangat berbeda dengan orang yang memiliki pekerjaan ataupun memiliki kegiatan. Kondisi kesehatan seseorang yang menganggur biasanya akan segera menurun beberapa hari setelah ia berhenti dari pekerjaannya, terlebih jika pada pekerjaan sebelumnya dia sering melakukan pekerjaan yang menguras tenaga.

Ada beberapa penyakit atau gejala yang sering menyerang orang yang baru saja berhenti dari pekerjaannya, yaitu :
  • Rasa jenuh dan bosan
  • Mengalami batuk dan radang tenggorokan
  • Berat badan meningkat
  • Tubuh menjadi mudah lelah
  • Tingkat stress yang tinggi

Seorang pengangguran sangat rentan mengalami stress, karena tekanan hidup selalu datang setiap hari, baik itu untuk mencukupi kebutuhan pribadi, kebutuhan keluarga, maupun kebutuhan lainnya. Stress inilah yang akhirnya memicu datangnya penyakit pada tubuh seorang pengangguran. Selain itu, pengangguran juga cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, lebih malas berolahraga, dan lebih banyak merokok. Maka jangan heran, jika orang yang menganggur sangat rentan mengalami berbagai penyakit.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda, selama anda menganggur atau belum memperoleh pekerjaan, yaitu :

1. Rutin berolahraga di pagi dan sore hari

Usahakan untuk selalu berolahraga secara rutin. Kehilangan pekerjaan sudah cukup membuat anda syok dan tidur seharian, yang nyatanya jstru membuat kesehatan anda semakin menurun. Anda dapat melakukannya dengan rutin jogging di pagi dan sore hari, dan berolahraga - olahraga ringan di taman.

2. Pakailah setelan kemeja ke taman

Jika anda terbiasa memakai pakaian ala kadarnya dalam beraktivitas sehari - hari, anda dapat mencoba untuk memakai setelan kemeja dan berjalam - jalan ke taman. Pasalnya, anda akan merasa bosan dan jenuh jika pakaian yang anda pakai itu - itu saja. Hal itu dapat menyebabkan tingkat depresi menjadi lebih tinggi. Menurut studi terbaru yang ditampilkan dalam jurnal landscape and urban planning, pengangguran yang tinggal dekat dengan pepohonan atau taman memiliki tingkat stress yang lebih rendah, dibandingkan jika tinggal jauh dari taman. Hal ini terjadi karena lingkungan yang masih natural akan menyebabkan perubahan kadar hormone yang dapat mengurangi gejala fisik dari stress, termasuk tekanan darah, tekanan jantung, ketegangan otot, hingga aktivitas saraf.

3. Rehat sejenak dari aktivitas mencari kerja


Dengan banyaknya waktu luang yang anda miliki, biasanya anda akan mengirimkan lamaran pekerjaan ke setiap perusahaan yang anda temukan di situs pencari kerja online. Tetapi kenyataannya, upaya tersebut merupakan hal yang sia - sia. Faktanya, seorang pakar pencari kerja mengatakan bahwa selama 20 tahun ia berkarir, ia lebih percaya pada orang yang hanya mengirimkan aplikasi lamaran pekerjaan untuk satu pekerjaan yang ia temukan di internet. Ia pun menyarankan saat sedang mencari pekerjaan baru, lebih baik anda hanya menghabiskan waktu maksimal 30 menit dalam sehari. Selebihnya, gunakan waktu anda untuk melakukan hal yang bermanfaat.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search