Monday, May 27, 2019

Ketahui Penyebab Malnutrisi Pada Lansia

Ketahui Penyebab Malnutrisi Pada Lansia


Seiring dengan bertambahnya usia, lansia merupakan kelompok yan gpaling rentan mengalami malnutrisi. Malnutrisi adalah gejala kurang gizi yang disebabkan karena asupan makanan yang masuk kedalam tubuhnya tidak memiliki nilai gizi yang tinggi, sehingga pembentukan organ tubuh dan metabolisme tubuh menjadi terganggu. Pada lansia, malnutrisi disebabkan karena penuaan. Penuaan membuat tubuh mengalami berbagai perubahan muli dari kehilangan otot, kulit menjadi lebih tipis, hingga memiliki lebih sedikit memproduksi asam lambung. Hal ini biasanya disebabkan oleh penyakit gasthritis atopic.

Saat seseorang memiliki penyakit ini, maka produksi asam lambung oleh tubuh juga menurun. Kondisi ini membuat penyerapan nutrisi tertentu seperti vitamin B12, kalsium, zat besi, dan magnesium pun akan menurun. Padahal, semakin tua usia seseorang maka semakin tiggi pula kebutuhan seseorang akan berbagai zat gizi agar tubuh tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, meskipun zat gizi yang dibutuhkan oleh lansia semakin banyak, tetapi mereka memiliki kebutuhan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang berusia lebih muda. Hal inilah yang menjadi penyebab lansia rentan mengalami mal nutrisi.

Selain itu, masalah lainya yang menyebabkan malnutrisi pada lansia yaitu berkurangnya kemampuan tubuh untuk mengenali rasa lapar dan rasa haus. Hal ini berakibat pad apenurunan berat badan lansia yang tidak disengaja. Tak hanya itu, berbagai kondisi kesehatan seperti disfagia atau susah menelan membuat lansia tidak memiliki nafsu untuk makan. 


Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mencegah malnutrisi pada lansia, yaitu :

1. Berikan makanan yang bergizi tinggi

Anda harus memberikan makanan yang bergizi tinggi pada lansia. Anda dapat mencoba untuk menanyakan makanan apa yang ia sukai. Hal ini dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan nafsu makannya. Usahakan memberikan makanan dengan gizi seimbang tanpa melebihi kalori yang yang dibutuhkan. Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Jangan lupa untuk menyediakan sayur dan buah dalam setiap menu masakannya. Agar nafsu makannya tetap terjaga, and ajuga harus kreatif dalam mengolah makanan agar lansia tidak mudah bosan.

2. Berikan suplemen

Suplemen dapat membantu untuk menyediakan nutrisi tambahan yang tidak di dapatkan dari makanan. Selain itu, suplemen juga membantu mencukupi kebutuhan zat gizi tanpa melebihi batas kalori yang seharusnya.

3. Memberikan camilan sehat diantara waktu makan

Agar tidak terjadi malnutrisi pada lansia, anda dapat mencoba mencegahnya dengan memberikan camilan sehat diantara waktu makannya. Buah, jus dan makanan sehat lainnya bisa menjadi alternative makanan sehat yang bisa anda berikan.

4. Ajak olahraga


Olahraga tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, tetapi juga dapat membantu untuk merangsang nafsu makan para lansia. Hal ini dikarenakan olahraga dapat membakar kalori tubuh dan dapat merangsang rasa lapar. Jalan kaki dapat menjadi pilihan olahraga yang tepat bagi lansia. Selain mudah dilakukan, jalan kaki juga tidak membutuhkan banyak tenaga dan menyenangkan. 




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search