Monday, May 27, 2019

Memilih Asupan Karbohidrat Terbaik Untuk Sahur

Memilih Asupan Karbohidrat Terbaik Untuk Sahur


Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi manusia. Selain itu, karbohidrat juga berfungsi sebagai bahan pembentuk zat makanan lain seperti lemak dan protein untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, serta berperan dalam pembentukan sel, jaringan dan organ tubuh. Kekurangan karbohidrat dapat membuat seseorang menjadi kurus dan lemah. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka dapat mengakibatkan semangat kerja menurun, rentannya daya tahan tubuh, dan sering gugup.

Karbohidrat terbagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  • Monosakarida : Yang termasuk kedalam jenis monosakarida adalah berbagai jenis gula seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Karbohidrat jenis ini banyak terkandung dalam madu, susu, dan buah - buahan.
  • Disakarida : Disakarida juga disebut dengan gula kompleks. Yang termasuk kedalam jenis disakarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa. Karbohidrat jenis ini banyak terkandung dalam batang tebu.
  • Polisakarida : Polisakarida merupakan jenis karbohidrat kompleks yang berupa tepung - tepungan. Beberapa jenis polisakarida antara lain amilum, selulosa, dan glikogen. Segala jenis padi - padian seperti jagung, beras, dan gandung mengandung karbohidrat berupa amilum. Kentang dan berbagai jenis umbi - umbian juga mengandung amilum.

Saat sahur, tubuh memerlukan asupan nutrisi dan karbohidrat yang cukup besar. Hal ini di perlukan karena selama lebih dari 12 jam, seseorang tidak akan mendapatkan asupan nutrisi baik dari makanan maupun minuman. Untuk itulah waktu sahur ini merupakan waktu terbaik untuk memasok karbohidrat kedalam tubuh. Masyarakat Indonesia, umumnya memilih nasi sebagai asupan karbohidrat utama, karena nasi dinilai memiliki energy yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sumber makanan lainnya. Nasi sendiri merupakan hasil dari olahan beras. Di indonesia, dikenal ada 2 jenis beras yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, yaitu beras merah dan beras putih. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai mana yang lebih baik untuk dikonsumsi saat sahur, antara beras merah dan beras putih.

Baik nasi putih maupun nasi merah semuanya sama - sama dapat memenuhi kebutuhan energy anda selama berpuasa. Namun, terdapat sedikit perbedaan dalam energy dan karbohidrat yang terkandung di dalam keduanya. Sebagai contoh satu piring nasi putih dengan berat 150 gram mengandung 270 kkal energi, 4,5 gram protein, 0,5 gram lemak, 60 gram karbohidrat, dan 0,3 gram serat. Kandungan energy dan karbohidrat yang tinggi inilah yang menjadikan nasi putih sebagai makanan pokok yang paling popular.

Nasi merah dengan jumlah yang sama mengandung 224 kkal energy, 4,2 gram protein, 0,6 gram lemak, 49 gram karbohidrat, dan 0,5 gram serat. Dibandingkan nasi utih, nasi merah lebih rendah kalori dan karbohidrat, tetapi memiliki kandungan serat yang lebih tinggi karena pada proses produksinya tidak menghilangkan lapisan kulit yang kaya serat. Oleh karena itu, beras merah sering dijadikan sebagai sarana diet dan pengganti nasi putih oleh para olahragawan.


Sahur adalah waktu untuk mempersiapkan tubuh anda sebelum berpuasa selama lebih dari 12 jam tanpa asupan makanan maupun minuman. Mengonsumsi nasi putih, memang akan memberikan energy yang lebih besar, namun kandungan serat yang lebih tinggi pada nasi merah juka akan memberikan manfaat tersendiri seperti efek kenyang lebih lama saat berpuasa jika disajikan saat makan sahur. Pilihan ada di tangan anda. Sesuaikan dengan kemampuan fisik dan ekonomi anda, karena beras merah memiliki tekstur yang lebih kasar dan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan beras putih.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search